Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Cute! Bayi Ini Punya Tanda Lahir Berbentuk Hati di Dahinya

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Rabu, 11/01/2017 14:33 WIB
Cute! Bayi Ini Punya Tanda Lahir Berbentuk Hati di DahinyaFoto: Facebook Afroditi Ioannou
Jakarta, Bayi ini mendapat julukan 'Baby Love' oleh orang di sekitarnya. Bukan tanpa alasan, sebab si bayi memiliki tanda lahir di dahinya yang tak biasa: tanda lahir berbentuk hati.

Ayah si bayi, Murat Engin dan istrinya Ceyda mengatakan tak percaya jika putra mereka memiliki tanda lahir yang spesial. Tanda lahir itu berwarna merah dan berbentuk hati.

"Dia seperti bintang saat lahir. Di ruang bersalin, salah seorang suster berteriak 'Inilah baby love'. Kemudian, beberapa suster datang dan mengambil foto selfie," kata Murat kepada Daily Mail.

Bayi yang diberi nama Cinar itu kini sudah berusia 14 bulan. Dalam keseharian, sering kali orang memandang takjub pada Cinar dan mengajaknya foto bersama. Murat dan Ceyda pun menganggap tanda lahir berbentuk hati di dahi putranya sebagai hadiah dari Tuhan.

"Tak satupun dari kami memiliki perasaan negatif tentang kondisi Cinar. Sebab, dia sudah menjadi bintang dan sekali lagi, ini adalah anugerah dari Tuhan," tegas Murat.

Nah, foto Cinar dibagikan salah satunya oleh pengguna Facebook bernama Afroditi Ioannou pada tanggal 5 Januari lalu. Wanita yang dalam bio Facebook-nya disebutkan sebagai digital ilustrator ini menulis 'Harry Potter yang baru dan nyata yaitu Cinar, bayi yang berasal dari Turki'.

Baca juga: Kena Penyakit Langka, Bayi Ini Lahir dengan Kulit Penuh Belang Hitam

"Sebut dia the love baby dan ke manapun ia pergi, ia akan mendapat perhatian," tulis Afroditi.

Soal tanda lahir, dr Radityo Anugrah SpKK dari Bamed Skin Care mengatakan penyebab munculnya tanda lahir ada dua kelompok, kelompok pembuluh darah dan kelompok warna (pigmen).

"Faktornya sih genetik ya. Selain genetik nggak ada sih faktor lainnya. Munculnya tanda lahir tidak dipengaruhi proses kehamilan si ibu. Misalnya, saat hamil ibu mengalami komplikasi tertentu lalu anaknya mempunyai tanda lahir tertentu. Atau, selama hamil ibu mengonsumsi makanan tertentu lalu anak punya tanda lahir tertentu," jelas dr Radit.

dr Radit menjelaskan jika di satu daerah terdapat banyak pembuluh darah maka akan menjadi merah, sehingga tanda lahir bisa muncul berwarna merah karena isinya merupakan kumpulan pembuluh darah. Sementara jika tohnya berwarna seperti tahi lalat tapi luas areanya, isinya merupakan pigmen.

"Di kulit itu ada melanosit yang menghasilkan melanin. Nah area tertentu itu melanositnya kaya dan banyak diproduksi. Makanya ada tanda lahir yang warnanya yang item, atau agak kebiruan misalnya, itu tergantung dari melanositnya menghasilkan warna apa," lanjut dr Radit.

Baca juga: Fakta tentang Kulit Bayi Baru Lahir yang Tampak Kotor dan Tidak Mulus

(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit