detikhealth

Mitos atau Fakta?

Minum Air Dingin Bahaya Bagi Usus dan Bikin Kanker, Benarkah?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 11/01/2017 15:06 WIB
Minum Air Dingin Bahaya Bagi Usus dan Bikin Kanker, Benarkah?Foto: Thinkstock
Jakarta, Sebuah informasi yang beredar baru-baru ini menyebutkan bahwa kebiasaan minum air dingin berbahaya bagi kesehatan. Suhu dingin disebut-sebut merusak usus dan memicu terjadinya kanker.

Alasannya, suhu dingin membuat makanan yang berminyak menjadi beku. Ketika kemudian bekuan minyak tersebut bereaksi dengan asam di saluran cerna, maka bekuan tersebut akan menjadi lemak beracun dan berbaris di dalam usus. Lemak ini kemudian terserap dengan sangat cepat sehingga menyebabkan kanker.

Menanggapi informasi ini, dokter konsultan saluran cerna di RS Cipto Mangunkusumo, DR Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB menyebutkan bahwa ini sama sekali tidak benar.

Baca juga: Benarkah Dilarang Makan Nasi yang Dihangatkan Selama 12 Jam di Magic Jar?

Menurutnya, air es atau air dingin sama seperti air yang lain, tidak memiliki perbedaan khusus dan hanya suhunya saja yang berbeda. Konsumsi air dingin bukan faktor risiko terjadinya penyakit kanker. Minuman dingin lebih dianjurkan untuk dihindari karena memicu radang atau pilek pada mereka yang sensitif.

Dikutip dari Guardian, informasi air dingin pemicu kanker juga dikatakan belum memiliki bukti ilmiah yang mendukung. American Cancer Society (ACS) menyebutkan bahwa penyakit ini memiliki faktor risiko yang lebih umum seperti pola makan, aktivitas fisik, paparan sinar matahari, polusi, genetika, dan gaya hidup. Namun mereka secara tegas menyebutkan bahwa konsumsi air dingin bukan secara spesifik salah satu penyebab kanker.

dr Ari berpesan, jika memungkinkan lebih baik minumlah air putih hangat, agar suhunya sama seperti suhu tubuh yakni rata-rata 37 derajat Celcius. Ini supaya proses penyesuaian suhu air yang terjadi di dalam tubuh menjadi lebih mudah.

Dilansir Web MD, konsultan kesehatan dari Emory University School of Medicine, Louise Chang, menuturkan untuk menjaga kesehatan tubuh selain mengonsumsi air putih Anda juga bisa rutin minum jus buah dan sayur. Konsumsi jus buah dan sayur dapat memperkuat tubuh, mencegah degenerasi kulit, kelenjar, dan organ, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Baca juga: Mau Langsing dan Cegah Diabetes? Yuk Ganti Minuman Manis dengan Air Putih


(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit