Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi

Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/

Pernah Jatuh Hati pada Pria dan Wanita, Apakah Tanda Biseksual?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 11/01/2017 15:16 WIB
Pernah Jatuh Hati pada Pria dan Wanita, Apakah Tanda Biseksual? Foto: thinkstock
Jakarta, Begini Mbak, dari SD kelas 5, saya dapat jatuh hati dengan lawan dan sesama jenis. Bahkan saya kadang-kadang berfantasi sedang 'bermain' bersama pria yang saya suka.

Jadi apakah saya sudah disebut sebagai biseksual? Apakah sifat saya yang suka dengan sesama itu bisa dihilangkan? Kalau ada saya mohon beri tahu cara-caranya agar sifat saya itu dapat disembuhkan. Terimakasih.

Bayu (Pria, 19 tahun)

Jawaban

Dear Mas Bayu,

Masa remaja memang masa kita untuk mengeksplorasi. Saking banyaknya yang perlu dieksplorasi, tidak jarang remaja mengalami kebingungan, termasuk di antaranya mengenai orentasi seksual. Sebelum lebih jauh, kita sepakati dulu dengan apa yang namanya orientasi seksual.

Orientasi seksual adalah ketertarikan secara seksual yang bisa terjadi pada jenis kelamin yang berbeda (heteroseksual), atau tertarik secara seksual pada perempuan dan laki-laki sekaligus (biseksual), maupun tertarik secara seksual pada jenis kelamin yang sama (homoseksual). Jadi, jika Anda tertarik secara seksual pada pria sebagaimana kepada perempuan, bisa saja memang Anda seorang biseksual.

Yang perlu digarisbawahi dalam orientasi seksual adalah ketertarikan secara seksual. Jika Anda berfantasi sedang berhubungan seksual dengan laki-laki, tidak bisa disamakan dengan berarti Anda mencintai laki-laki tersebut karena itu adalah dua hal yang berbeda. Orientasi seksual merupakan preferensi atau pilihan, sehingga dihilangkan atau tidaknya akhirnya bergantung pada pilihan mana yang lebih dominan ingin dijalani.

Namun, jika Anda merasa perlu menghilangkan atau menyembuhkan, yang jadi pertanyaan adalah Anda sendiri sekarang merasa tidak nyaman dengan kondisi Anda sekarang? Jika ini yang terjadi, masalah ini terlalu kompleks untuk dibahas dalam kolom konsultasi singkat. Sebaiknya diskusikan langsung dengan orang yang kamu percaya, seperti psikolog atau psikiater untuk membantu Anda.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit