Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Konsultasi Umum

Penyebab Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 13/01/2017 13:15 WIB
Penyebab Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh Foto: Thinkstock
Jakarta, Saya remaja 18 tahun Dok. Saya ingin bertanya kenapa saya sariawan tidak sembuh-sembuh. Ini sejak 3 bulan yang lalu saya derita. Awalnya saya radang tenggorokan, lalu setelah sembuh saya menderita sariawan hingga sekarang.
Sariawannya pun bisa lama sekali baru sembuh. Berganti-ganti kadang di lidah, di bibir atas atau bawah, di gusi. Saya mohon Dokter dapat menjawabnya Dok. Apakah ini bisa jadi penyakit serius?
Nh (Wanita, 20 tahun)
Jawaban
Mencermati kondisi saudari NH di atas, maka ada minimal tiga kemungkinan diagnosis:
1. Recurrent aphthous ulceration
2. Chronic ulcerative stomatitis
3. Aphthous Stomatitis

Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan komprehensif. Karena penyakit sariawan juga terkait erat dengan kulit, sistem imunologi, darah, gastrointestinal, dsb. Dokter akan mencari penyebab yang mendasarinya atau faktor-faktor pemicunya. Bila diperlukan pemeriksaan penunjang, tentu dokter akan merekomendasikan pemeriksaan tertentu.

Pada kasus sariawan jenis stomatitis aptosa misalnya, salah satunya dipicu oleh faktor makanan, seperti: keju, tomat, saus tomat, lemon, nanas, susu; atau zat bernama sodium lauryl sulfate, suatu deterjen yang digunakan sebagai emulsifier dan pembersih permukaan pada pasta gigi dan pembersih mulut. Uniknya, penyakit sariawan tipe stomatitis aptosa memiliki diagnosis banding minimal 23 penyakit.

Demikian penjelasan singkat ini, semoga memberikan solusi.
Salam sehat dan sukses selalu.
Dokter Dito Anurogo, penulis 18 buku, S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta.
(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit