detikhealth

Konsultasi Tulang
Dr. Andri Primadhi, SpOT

Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

Cedera Achilles Rupture Tendon, Bisakah Kembali Pulih?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 15/01/2017 13:31 WIB
Cedera Achilles Rupture Tendon, Bisakah Kembali Pulih? Foto: Thinkstock
Jakarta, Dengan hormat Dr Andri Primadhani SPOT. Tanggal 17 Jan 2016 yang lalu saya mengalami cedera pada saat berolahraga bulu tangkis, cedera achilles rupture tendonn menurut dokter. Singkat cerita kemudian baru dilakukan operasi di rumah sakit di Jawa Barat pada tanggal 25 Feb 2016 (lebih dari satu bulan) dan sekarang dalam pemulihan.

Menurut dokter yang melaukukan operasi, gap sudah jauh sehingga dilakukan penyambungan menggunakan jaringan tendon lainya (tidak disebutkan, kata dokter: mengambil jaringan didekatnya).

Pertanyaan saya apakah jaringan tendon saya bisa tumbuh (generative) dan menyambung? (Saya paham kalau sembuh seperti sebelum cedera agak sulit, kecuali seizin yang Maha Kuasa). Terimakasih Dokter.

Yudi (Pria, 47 tahun)

Jawaban

Halo Bapak Yudi,

Pada keadaan tertentu misalnya putusnya tendon Achilles yang telah berlangsung lama, celah (gap) akan cukup jauh sehingga tidak dapat dilakkan penjahitan langsung, sehingga membutuhkan suatu prosedur yang disebut rekonstruksi tendon.

Rekonstruksi bisa macam-macam, bisa dengan menggeser tendon yang putus (advacement), bisa juga menggunakan tendon di sekitarnya, bahkan menggunakan cangkok (graft) tendon. Tujuannya supaya mengembalikan fungsi mekanis tendon Achilles, misalnya untuk berjalan normal dan berjinjit.

Tanpa dioperasi pun sebenarnya bisa saja berjalan, tapi akan tidak normal, karena langkahnya tidak propulsif (tidak ada tolakan yang cukup kuat).

Operasi yang Bapak jalani, tujuannya adalah mengambil alih fungsi tendon yang putus, dan menjembatani ujung-ujung tendon tersebut sehingga ada jaringan yang dapat tumbuh di antaranya.

Apabila nutrisi ke daerah tendon mencukupi (tentunya tidak boleh merokok), dan disertai dengan program fisioterapi yang cukup, fungsi akan kembali normal dalam 3-4 bulan

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjajaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit