detikhealth

Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat

ASI Berlebih, Bolehkah Diberikan Juga pada si Sulung?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 16/01/2017 13:19 WIB
ASI Berlebih, Bolehkah Diberikan Juga pada si Sulung?Foto: thinkstock
Jakarta, Dear Dokter, ASI saya berlebih, boleh tidak diberikan untuk abangnya yang sudah umur 28 bulan? Apakah kandungan nutrisinya cukup? Bisakah menimbulkan rasa enek atau rasa tidak enak pada makanan lain? Nantinya masalahnya ASI sangat amis dan saya sendiri terus terang tidak suka. Terimakasih.

Stephanie (Wanita, 35 tahun)

Jawaban

Dear Ibu Stephanie,

ASI boleh sekali diberikan kepada abang yang sudah berumur 28 bulan. Mengenai nutrisinya, tidak perlu diragukan bahwa ASI sangatlah baik dan bergizi bagi semua umur. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa ASI bukanlah makanan utama lagi bagi si abang, jadi harus dipastikan abang mendapatkan pemenuhan kebutuhan gizinya dari makanan seimbang dalam menu keluarga.

Dan apakah abang akan suka meminum ASI atau tidak, itu tergantung pada si anak itu tersendiri. Bila dia suka dia akan menghabiskannya dan bila dia tidak suka tidaklah perlu dipaksa karena dia bisa dapat kecukupan gizi dari makanan seimbang di piring makannya.

Yang perlu diperhatikan lagi bila abang suka meminum ASI-nya adalah pemberiannya dengan media gelas atau bisa menggunakan sedotan jika abang suka. ASI tidak boleh diberikan dengan media dot karena akan menimbulkan masalah kesehatan dan psikologis pada diri abang.

Yang juga tidak boleh dilupakan adalah tanda kecukupan ASI untuk sang adik. Oleh karena itu, kami sarankan untuk memantau proses menyusui dengan si adik di klinik laktasi agar tetap dapat berjalan baik hingga adik berumur 2 tahun.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit