detikhealth
Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat

Alasan Berat Badan Ibu Bisa Turun Saat Menyusui

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 17/01/2017 17:16 WIB
Alasan Berat Badan Ibu Bisa Turun Saat MenyusuiFoto: thinkstock
Jakarta, Assalamualaikum, saya seorang ibu yang sedang menyusui, umur saya 23 tahun, sekarang bayi saya sudah berumur 5 bulan. Yang ingin saya tanyakan, kenapa selama menyusui BB saya jadi turun? Sebelum hamil BB saya 45 kg, setelah melahirkan dan menyusui sekarang BB saya 43 kg, apakah hal itu pengaruh dari menyusui? Terimakasih.

Vije (Wanita, 23 tahun)

Jawaban

Walaikumussalam Ibu Vije,

Berat badan ibu yang menyusui memang lebih cepat turun dibandingkan ibu yang tidak menyusui. Hal tersebut adalah karena seluruh zat dalam tubuh ibu, termasuk lemak, ditransfer ke bayi melalui ASI.

Selain itu, proses menyusui itu sendiri yang merupakan tantangan yang istimewa dan membutuhkan usaha serta tekad yang ekstra, membuat seorang ibu menyusui lebih letih, namun lebih sehat. Dengan menyusui, ibu dapat terhindar dari obesitas dan berbagai penyakit di antaranya diabetes, darah tinggi, penyakit jantung, dan osteoporosis.

Yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan dan minuman ibu harus cukup, seimbang, dan bergizi. Jangan sampai ibu merasa lemas dan kelaparan, serta mengabaikan kesehatan ibu demi menyusui. Dan jika ada masalah menyusui, ibu disarankan segera berkunjung ke klinik laktasi untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com(hrn/rdn)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit