detikhealth

Konsultasi Tulang
Dr. Andri Primadhi, SpOT

Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

Kaki Terasa Sakit Bila Terlalu Banyak Jalan, Tanda Osteoporosis?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 18/01/2017 15:17 WIB
Kaki Terasa Sakit Bila Terlalu Banyak Jalan, Tanda Osteoporosis?Foto: Thinkstock
Jakarta, Saya memiliki keluhan jika terlalu banyak berjalan maka kaki saya akan sakit, sehingga saya lebih suka duduk. Lantas, apakah ini salah satu tanda saya mengalami osteoporosis Dok? Saya juga rajin berjemur di pagi hari, apakah ini bermanfaat untuk masalah osteoporosis? Terima kasih Dok.

Wahyu (Pria, 51 tahun)

Jawaban

Halo Pak Wahyu. Mesti dibedakan antara istilah osteoarthritis dan osteoporosis.

Rasa nyeri pada sendi terutama bila dibebani ketika dipakai beraktivitas, merupakan suatu tanda osteoarthritis (radang sendi). Itulah mengapa Bapak merasa lebih enak bila beristirahat. Penanganan secara umum adalah dengan mengurangi beban pada sendi, antara lain dengan menggunakan tongkat, menurunkan berat badan, dan mengurangi naik-turun tangga. Obat-obatan dan fisioterapi atas anjuran dokter dapat membantu mengurangi keluhan Bapak.

Sedangkan osteoporosis adalah menurunnya kepadatan tulang, yang sering juga disebut keropos tulang. Osteoporosis tidak secara langsung menimbukan keluhan, namun keroposnya tulang dapat menyebabkan tulang rentan terhadap patah/retak/kolaps, sehingga menimbulkan nyeri atau perubahan bentuk (misalnya punggung bungkuk).

Osteoporosis biasa terjadi pada kalangan lanjut usia, akibat ketidakseimbangan antara deposit kalsium ke tulang dan pengambilan kalsium dari tulang, yang disebabkan oleh faktor hormon. Osteoporosis bisa dikatakan tidak dapat dihindari, namun dapat dihambat dengan asupan kalsium yang cukup, serta vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dari makanan ke tulang.

Salah satu proses penting dari pembentukan vitamin D aktif adalah paparan sinar matahari ke kulit, itulah mengapa berjemur di pagi hari dianjurkan untuk menghambat terjadinya osteoporosis.

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit