detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Mengatasi Ereksi yang Gampang Turun Gara-gara Bad Mood

Kamis, 19/01/2017 18:12 WIB
Mengatasi Ereksi yang Gampang Turun Gara-gara Bad MoodFoto: thinkstock
Saya adalah laki-laki 28 tahun tinggi 165 cm berat 70 kg. Untuk olahraga, minimal 1 kali seminggu saya fitnes. Yang ingin saya tanyakan adalah mengapa saya sangat susah mempertahankan ketegangan atau ereksi Mr P saya ketika melakukan foreplay? Saya tidak mengalami ejakulasi dini, namun ketika foreplay saya hentikan, istirahat sejenak, mungkin kurang dari 30 detik, ereksi Mr P saya pelan-pelan menurun. Terkadang, apabila ada hal-hal yang membuat mood saya jelek, hal tersebut juga terjadi. Bagaimana cara mempertahankan ereksi agar tidak cepat badmood?

A (Pria, 28 tahun)

Jawaban

Mengingat usia Anda yang relatif muda, 28 tahun, masih diragukan apakah Anda mengalami disfungsi ereksi (DE). Penyebab disfungsi ereksi, fisik: penyakit penyakit kronis (darah tinggi, kencing manis, kolesterol darah tinggi); psikis: stres, sedang galau; habit: merokok, minuman keras. Maka dianjurkan Anda dengan petunjuk dokter keluarga Anda, melakukan pemeriksaan darah dan urin untuk mengetahui apakah Anda mengidap penyakit kronis tersebut.

Lakukan exercise fisik, tidak cukup 1 kali seminggu, sebaiknya 4-5 kali seminngu selama 30-45 menit. Untuk sementara, setelah berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda, bisa Anda gunakan obat erektogenik yang diminum sekitar 30 menit sebelum Anda melakukan hubungan intim.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit