detikhealth

Kondisi Seperti Ini Tingkatkan Risiko Depresi Pasca Melahirkan

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Kamis, 26/01/2017 10:09 WIB
Kondisi Seperti Ini Tingkatkan Risiko Depresi Pasca MelahirkanFoto: Ilustrasi ibu depresi (thinkstock)
Jakarta, Diabetes gestational bisa dialami ibu hamil. Nah, ketika ibu mengalami itu dan sebelumnya mengalami depresi, risiko ibu mengalami depresi pasca melahirkan pun meningkat.

Hasil ini diperoleh dari studi analisis data dari lebih 700 ribu wanita di Swedia. Peneliti menemukan bahwa diabetes gestational saja sudah menambah risiko ibu mengalami depresi pasca melahirkan. Nah, risiko itu makin besar ketika ibu sebelumnya mengalami depresi.

Dikatakan ketua peneliti, Michael Silverman, kebanyakan profesional medis berpikir bahwa dua kondisi ini tidak memiliki hubungan. Tapi dengan studi ini, diabetes gestational, riwayat depresi ibu, dan risiko depresi pasca melahirkan mesti dipertimbangkan bersama.

"Saat ibu mengalami diabetes gestational saja, risiko dia mengalami depresi pasca melahirkan meningkat. Nah, jika wanita sebelumnya depresi, maka kombinasi keduanya meningkatkan risiko ibu mengalami depresi pasca melahirkan sampai 70 persen," terang Silverman, dikutip dari Newsmax Health.

Baca juga: Depresi Pasca Persalinan Juga Jadi Masalah Para Ayah Baru

Dalam studinya, Silverman dan tim juga mengukur faktor risiko lain ibu mengalami depresi pasca melahirkan. Riwayat depresi, diabetes sebelum kehamilan, dan melahirkan prematur di usia kandungan 32 sampai 36 minggu meningkatkan risiko wanita mengalami depresi pasca melahirkan.

Selain itu, risiko depresi pasca melahirkan juga bertambah ketika wanita tidak punya riwayat depresi tetapi mereka melahirkan di usia muda, melahirkan caesar, dan melahirkan di usia kandungan di bawah 32 minggu.

"Dengan informasi ini, setidaknya penting bagi dokter untuk mempertimbangkan faktor peningkat risiko depresi pasca melahirkan pada ibu hamil. Sehingga, bisa dilakukan intervensi selama kehamilan dan pastinya sebelum ibu melahirkan," tambah Silverman dalam laporannya di jurnal Depression and Anxiety.

Baca juga: Alami Depresi Pasca Melahirkan, Begini Curhat Penyanyi Adele

(rdn/vit)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit