detikhealth

Konsultasi Tulang
Dr. Andri Primadhi, SpOT

Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

Lutut Sering Berbunyi Saat Sujud, Tanda Ada Masalah?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 27/01/2017 12:49 WIB
Lutut Sering Berbunyi Saat Sujud, Tanda Ada Masalah?Foto: thinkstock
Jakarta, Selamat siang Dok, saya ingin bertanya. Lutut sebelah kanan saya sering bunyi ketika saya akan sujud. Dan terkadang ketika jalan saya sering merasa tulang di pinggul sebelah kanan berbeda dengan sebelah kiri. Kira-kira apa penyebabnya ya Dok? Apakah bisa disembuhkan? Dan saya harus bagaimana?

Nira (Wanita, 20 tahun)

Jawaban

Halo Nira,

Bunyi-bunyi di saat membengkokkan lutut tidak selalu menjadi tanda bahwa lutut Nira bermasalah, apalagi bila tidak disertai dengan adanya keluhan lain. Bunyi tersebut disebabkan karena adanya perpindahan 'gelembung udara' yang normal di dalam sendi lutut, sehingga mengakibatkan jaringan di sendi lutut bergemeretak dan menimbulkan bunyi. Namun memang bunyi di lutut bisa pula menjadi tanda adanya radang sendi dan kerusakan tulang rawan sendi.

Mengenai pinggul yang Nira rasakan berbeda antara sisi kiri dan kanan, sayang sekali tidak disebutkan seperti apa perbedaannya, apakah dalam hal bentuk, posisi, panjang tungkai, atau adanya nyeri.

Banyak keadaan yang dapat mempengaruhi daerah pinggul sehingga terasa 'berbeda', mulai dari kelainan bawaan, infeksi, radang sendi, dan lain-lain. Silakan memeriksakan diri ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, misalnya foto x-ray.

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit