detikhealth

Coba Pillow Talk Bersama Pasangan Agar Lebih Mesra

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 27/01/2017 19:14 WIB
Coba Pillow Talk Bersama Pasangan Agar Lebih Mesra Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Pillow talk diartikan sebagai obrolan ringan yang dilakukan pasangan menjelang tidur. Yang dibicarakan bisa banyak hal, tetapi peneliti mengatakan, berbagi kabar baik sebelum tidur berdampak positif bagi pasangan.

Penelitian dilakukan terhadap 162 pasangan menikah dari Oregon yang setidaknya bersama rata-rata selama 12 tahun. Masing-masing responden ditanyai tentang kebiasaan ngobrol sebelum tidur dan kaitannya dengan keintiman dan kualitas tidur mereka.

Nyatanya, mereka yang sering berbagi kabar baik sebelum tidur dilaporkan lebih terlihat mesra terhadap pasangannya. Mereka juga bisa tidur lebih lama dan tidak begitu stres dibandingkan dengan yang tidak pernah ngobrol sebelum tidur.

Baca juga: Pillow Talk, Ngobrol Asik Sebelum Bobo

Menurut salah satu peneliti, Sarah Arpin dari Gonzaga University, Washington, tak jadi soal meski yang diobrolkan adalah hal-hal sepele semisal apa yang terjadi di kantor hari itu atau sekadar obrolan lucu di antara pasangan.

Ia juga mengingatkan, pasangan perlu memberikan tanggapan positif agar keduanya merasakan manfaat yang sama.

"Ketika Anda berbagi kabar baik dan orang yang menerima informasi itu juga ikut bahagia, maka ini meningkatkan interaksi positif di antara kedua pihak," terangnya seperti dilaporkan Ask Men.

Sebaliknya, jika ketika pasangan menceritakan sesuatu tetapi Anda malah mengkritik atau memberikan sambutan yang negatif kepadanya, maka hal ini juga akan berdampak negatif bagi jalannya hubungan.

Baca juga: Stres Sepulang Kerja? Ajak Pasangan Bercumbu!

Beberapa waktu lalu, psikolog seksual Zoya Amirin, MPsi menuturkan saat pillow talk baiknya tidak memulai pembicaraan dengan hal-hal seperti tagihan biaya rumah tangga, persoalan anak atau masalah dengan orang lain.

Bahas saja topik seperti saat berpacaran atau tanya saja pada pasangan bagaimana kebahagiaan dia hari ini atau kebahagiaan yang ia rasakan selama menikah.

Bila komunikasi sudah berjalan lancar, maka ini juga membuka kemungkinan yang lebih besar bagi pasutri unutk bercinta.

"Saat dia sudah fokus dari aktivitasnya misalnya selesai utak-atik remot TV, katakan dengan lembut apa yang bisa dilakukan untuk bisa membuat pasangan terangsang. Bisa juga tawarkan role play," tutur Zoya seperti diberitakan detikHealth sebelumnya.(lll/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit