detikhealth

Konsultasi Umum
dr. Dito Anurogo

Penulis 17 buku dan sedang studi S2 Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis FK UGM Yogyakarta.

Mengatasi Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 03/02/2017 14:15 WIB
Mengatasi Sariawan yang Tak Kunjung SembuhFoto: Thinkstock
Jakarta, Dok, saya sedang sakit sariawan (1 sariawan) di bibir bawah, ini sudah 1 minggu belum sembuh, biasanya sembuhnya 3-4 hari saja. Saya sudah minum vitamin C, asam, tetapi malah gigi saya yang ngilu tetapi sekarang sakitnya mendingan. Tolong solusinya Dok. Terimakasih.

Martin (Pria, 17 tahun)

Jawaban

Mencermati uraian di atas, besar kemungkinan sdr. Martin menderita sariawan tipe recurrent aphthous stomatitis (RAS) tipe minor. Penyebabnya multifaktor, seperti infeksi (virus, bakteri, jamur), merokok (aktif maupun pasif), sedang mengonsumsi obat-obat tertentu, penurunan daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Sebagai terapi, sebaiknya segera berkonsultasi langsung ke dokter. Dokter akan merekomendasikan salah satu obat berikut ini, yakni golongan antibiotik, kortikosteroid topikal, imunomodulator, obat kumur, atau obat lainnya.

Ramuan imunostimulan yang terbukti secara empiris untuk mengatasi sariawan adalah dengan mengonsumsi buah apel, pepaya, dan madu. Buah apel dan pepaya dikonsumsi rutin selama minimal seminggu. Cara lainnya, apel dan pepaya dikupas, dicuci, lalu diblender atau dijadikan jus buah. Boleh ditambahkan madu. Dikonsumsi rutin 3 kali sehari, minimal selama 7 hari.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dokter Dito Anurogo, penulis 18 buku, S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit