Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi

Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/
Artikel 18+

Mengapa Di Tahun Ke-4 Pernikahan Suami Kehilangan Gairah?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 03/02/2017 18:19 WIB
Mengapa Di Tahun Ke-4 Pernikahan Suami Kehilangan Gairah?Foto: thinkstock
Jakarta, Mbak Wulan, pernikahan saya dengan suami sudah berjalan 5 tahun. Suami sekarang berusia 40 tahun. Awal pernikahan saya langsung hamil, sekarang usianya 4,5 tahun. Saat ini, saya merasa suami tak bergairah lagi melakukan hubungan suami istri. Terakhir kami melakukan hubungan seks saat saya hamil sekitar 7 atau 8 bulan.

Sampai 4 tahun lebih kami tak pernah lagi melakukan hubungan suami istri. Setiap saya minta dia selalu menghindar. Tidak seperti dulu yang selalu mesra. Terus terang saya sedih, saya merasa hubungan kami tak lagi harmonis. Saya sempat berpikir, mungkinkah suami saya punya wanita lain. Masalahnya ia cenderung tertutup. Saya sudah berusaha komunikasikan, tapi selalu saja suami saya menghindar.

Apa yang terjadi pada suami saya Mbak? Kenapa tiba-tiba ia hilang gairah pada saya? Dulu, saat awal-awal pernikahan, tiap kali melakukan hubungan suami istri, saya tidak pernah merasakan orgasme, biasanya suami saya yang lebih dulu. Mohon solusinya ya Mbak. Terimakasih.

Ny. N (Wanita, 35 tahun)

Jawaban

Dear Ibu N,

Saya bisa memahami frustrasi Anda. Saya juga bisa memahami jika yang sebenarnya Anda inginkan adalah merasakan kedekatan emosional dengan pasangan seperti dulu, yang caranya adalah melalui hubungan seksual meskipun Anda sendiri tidak pernah merasakan orgasme.

Kekhawatiran bahwa pasangan berselingkuh memang banyak muncul pasca melahirkan. Hal ini disebabkan karena sang ibu sendiri merasa bahwa dirinya sudah tidak menarik lagi, dan seperti terjustifikasi ketika suami terlihat tidak bergairah lagi terhadap istri. Padahal tidak selalu itu yang terjadi. Jika Anda tidak memiliki bukti langsung bahwa memang perselingkuhan benar-benar terjadi, sebaiknya alihkan energi kekhawatirannya untuk hal lain yang tidak membuat Anda stres karena bertaya-tanya.

Yang paling praktis bisa Anda lakukan adalah berbicara dengan suami. Jika biasanya Anda meminta, kali ini tanyakan kira-kira apa yang suami inginkan dari Anda. Misalnya, 'Apa ada hal yang bisa saya lakukan agar dapat membuatmu bergairah? Apakah ada fantasi seksual yang kamu inginkan selama ini yang belum pernah tercapai? Siapa tahu jika kamu mau menceritakannya, kita bisa mencoba bersama'.

Saat melakukan ini, persiapkan diri Anda untuk tetap tidak mendapatkan tanggapan positif dari pasangan ya. Barangkali ternyata masalahnya bukan pada ia tidak lagi tertarik pada Anda, tetapi ada masalah yang lebih dalam. Ada beberapa alasan laki-laki tidak berhubungan seksual dengan istrinya. Misalnya sering merasa kasihan kepada pasangannya yang sedang hamil, takut menyakiti istri dan bayi.

Jika ini terjadi sejak Anda melahirkan, perhatikan deh. Apakah saat Anda melahirkan, ia berada di dalam ruang persalinan? Bagaimana respon ia terhadap proses melahirkan Anda? Bagaimana proses melahirkan untuk Anda sendiri? Menyaksikan kesakitan pasangan saat dan pasca melahirkan bisa menimbulkan perasaan bersalah pada suami. Karena perasaan bersalah inilah, suami jadi terlihat 'malas' berhubungan dan takut istri kembali mengalami proses persalinan yang berat. Setelah anak lahir, dengan adanya kesibukan ibu mengurus anak dan rumah tangga, beberapa pria juga merasa egois jika masih menuntut untuk hubungan seksual dari pasangan.

Saat ini tidak jarang juga ada ayah yang mengalami postpartum depression, dengan keluhan awal berkurangnya gairah seks. Biasanya dengan mudah terlihat pada perubahan pola sebelum dan sesudah Anda melahirkan dari bagaimana ia menerima kehadiran si buah hati? Bagaimana ia memperlakukan Anda di luar seks? Cari tahu mengenai hal ini ya. Jika memang ini yang terjadi, sebaiknya dikonsultasikan kepada profesional.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit