detikhealth

Hari Kanker Sedunia

Pesan Jupe ke Pasien Kanker: Jangan Lihat Gimana Ntar!

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Sabtu, 04/02/2017 18:29 WIB
Pesan Jupe ke Pasien Kanker: Jangan Lihat Gimana Ntar!Foto: Desi Puspasari
Jakarta, Aktris sekaligus penyanyi Julia Perez punya pesan khusus kepada pasien kanker, terutama dari kalangan perempuan. Pesannya, segera periksa dan obati jika memang didiagnosis mengidap kanker.

"Ada beberapa pasien kanker yang pernah ketemu saya dan nggak berobat. Bilangnya lihat nanti aja atau gimana ntar. Eh ibu-ibu, jangan lihat gimana ntar! Makin cepat diperiksa, makin baik!" ucap Jupe dengan gaya khasnya.

Jupe merupakan salah satu pasien kanker yang memberikan testimoni dalam acara World Cancer Day Carnival di Tribeca Park, Central Park Mall, Jakarta Barat, Jumat (4/2/2017). Acara ini merupakan puncak rangkaian peringatan Hari Kanker Sedunia 2017 yang diperingati setiap tanggal 4 Februari.

Dengan duduk di kursi roda, Jupe menceritakan pada awalnya, ia didiagnosis mengidap kanker serviks stadium 1B. Saat itu, wanita bernama asli Yulia Rachmawati ini tidak informasi apapun soal kanker serviks.

Baca juga: Catat! Ini Pesan Jupe Agar Remaja Putri Tak Harus Kena Kanker Serviks

"Saya tahunya ya lewat berobat, radioterapi, kemoterapi. Saya berobat di Singapura dan waktu itu dibilang sembuh," tambahnya.

Sepulangnya ke Indonesia, ia langsung disibukan dengan berbagai kegiatan. Kesibukan tiada henti membuatnya rentan stres, yang ternyata bermanifestasi ke munculnya kembali penyakit kanker serviks yang dimilikinya.

Setelah memeriksakan diri ke dokter, diketahui penyakit kanker serviks Jupe sudah memasuki stadium 4. Ia pun kini rutin menjalani pengobatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

"Intinya jangan sampai stres. Kalau ada apa-apa masalah, soal percintaan, mending curhat aja ke sahabat daripada stres nanti jadi penyakit," paparnya.

"Walaupun sekarang saya sudah stadium 4, saya tetap berjuang, saya akan berjuang di RSCM," tutupnya.

Baca juga: Masih Berjuang Melawan Kanker, Jupe Menangis Penyakitnya Disebut Kutukan

(mrs/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit