detikhealth

Doctor's Life

drg Mira Madjid, Ahli Penyakit Gusi yang Gemar Yoga

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Minggu, 05/02/2017 20:05 WIB
drg Mira Madjid, Ahli Penyakit Gusi yang Gemar Yogadrg Mira Madjid, SpPerio, MPH (Foto: M Reza Sulaiman)
Jakarta, Kesehatan gigi dan mulut sering kali dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal menurut drg Mira Madjid, SpPerio, MPH, yang namanya kesehatan itu saling berkaitan satu sama lain.

Menurut wanita yang akrab disapa drg Mira tersebut, kesehatan merupakan suatu kesatuan yang holistik. Sehingga menjaga kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan menjaga kadar gula darah, kolesterol atau tekanan darah.

"Jadi kesehatan itu holistik ya. Semuanya saling terkait. Bicara gigi saja kita sudah menyinggung lifestyle dan diet. Jadi kesehatan itu nggak bisa dipisahkan satu sama lain," tutur drg Mira kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Prinsip kesehatan holistik tersebut dipelajari drg Mira lewat yoga. Ya, wanita kelahiran tahun 1979 ini rutin melakukan ashtanga yoga setiap hari selama minimal 1,5 jam.

Baca juga: dr Niko Dalami Kardiologi karena Banyak Kerabat yang Sakit Jantung

Dikatakan drg Mira, rutinitas yoga sudah ia lakukan sejak 7 tahun lalu. Dengan rutin yoga, konsentrasi dan tenaga lebih terjaga dengan baik. Apalagi jika pasien memiliki penyakit yang membutuhkan perhatian khusus.

"Kalau dokter gigi , apalagi spesialis seperti saya, mengobati 7 sampai 8 pasien saja sudah kebanyakan. Karena kita satu pasien bisa satu sampai satu setengah jam, berbeda dengan dokter umum," tambahnya lagi.

Dengan kompetensi dokter gigi spesialis periodontal, drg Mira memang hanya menangani pasien dengan keluhan penyakit gusi yang serius. Gusi dikatakannya merupakan bagian penting dari struktur gigi, di mana gusi berperan sebagai pondasi gigi.

"Jadi penyakit gigi itu bukan cuma gigi bolong saja ya. Ada banyak penyakit gigi, termasuk penyakit gusi yang bisa membuat gigi rontok," tutupnya.

Baca juga: 'Keasyikan' Mengabdi, dr Agus Tak Pulang-pulang dari Maluku

Profil singkat:

Tempat tanggal lahir: Jakarta, 26 November 1979
Pendidikan :
- Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (dokter gigi umum)
- Melbourne University Australia (magister public health)
- Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (spesialis periodontal)
Praktik :
- OrthoSmile Dental Care Kelapa Gading
- RSU Bunda Jakarta(mrs/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit