detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Cairan Pelumas pada Pria

Rabu, 08/02/2017 18:33 WIB
Cairan Pelumas pada PriaFoto: detikcom
Selamat malam Dok, saya wanita 29 tahun dan sudah menikah. Suami saya pun usianya sama dengan saya. Saya mau tanya Dok, apa penyebabnya cairan pelumas pada penis suami saya tidak keluar? Sehingga pada saat kami berhubungan penis suami saya sangat kering. Padahal suami saya gampang terangsang.

Oh iya Dok, suami saya mempunyai postur tubuh yang besar, berat badannya sekitar 100 kg. Apakah berat badan ada hubungannya dengan hal tersebut? Mohon informasinya Dok mengenai masalah saya tesebut.

A (Wanita, 30 tahun)

Jawaban

Cairan pelumas harus dibedakan dengan cairan sperma. Pada pria saat terangsang cairan pelumas hanya membasahi ujung penis saja, tidak di kulit batang penis. Saat ejakulasi dan orgasme, keluarlah cairan pelumas bercampur dengan cairan sperma.

Justru yang penting Anda sebagai wanita harus banyak cairan pelumasnya saat foreplay. Hingga terjadi lubrikasi (pelendiran) dinding vagina, yang membuat Anda nyaman, tidak nyeri saat melakukan hubungan intim.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close