Hari Anak Nasional

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Mengatasi Ereksi yang Melemah

Senin, 13/02/2017 18:16 WIB
Mengatasi Ereksi yang MelemahFoto: detikcom
Dok, saya ingin tanya kenapa tingkat ereksi saya tidak sekeras sewaktu umur saya masih di bawah 20 tahun. Apakah ada pengaruh dari usia? Adakah pengaruh dari seringnya masturbasi? Bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih.

A (Pria, 27 tahun)

Jawaban

Usia Anda relatif masih muda 27 tahun, maka terlampau dini untuk mendiagnosis Anda mengalami gangguan ereksi, misalnya disfungsi ereksi. Kualitas penis ditentukan oleh keras dan tegangnya saat ereksi. Hal ini dipengaruhi oleh kebugaran jasmani (fisik) dan psikis.

Kebiasaan masturbasi relatif tidak berpengaruh pada kualitas ereksi. Proses usia yang dikenal sebagai proses penuaan (the aging process) memang berpengaruh pada kualitas ereksi penis. Karena Anda masih berusia 27 tahun, proses penuaan belum signifikan pengaruhnya pada ereksi penis.

Disarankan, Anda melakukan exercise fisik secara reguler, 4-5 kali per minggu selama 45 menit, didukung pula oleh asupan gizi yang seimbang.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit