detikhealth

Pilkada Tinggal Tunggu Hasil, Ikuti Saran Ini untuk Kesehatan Jiwa

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 15/02/2017 18:26 WIB
Pilkada Tinggal Tunggu Hasil, Ikuti Saran Ini untuk Kesehatan JiwaIlustrasi (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta, Hasil perhitungan cepat atau quick count sementara ini menempatkan pasangan Basuki-Djarot di urutan teratas perolehan suara Pilkada DKI 2017. Menang atau kalah, semua pendukung pasangan calon sebaiknya mempersiapkan mentalnya dengan baik.

Secara fisik maupun mental, mengikuti perkembangan hasil pilkada memang melelahkan. Terlebih jika diwarnai dengan peningkatan suhu politik seperti yang terjadi di pilkada DKI 2017. Tidak cuma tim sukses, semua simpatisan seperti terbawa suasana untuk saling serang dan perang opini di media sosial.

Energi benar-benar terkuras habis ketika harus terlibat secara fisik dalam proses pencoblosan. Baik untuk memantau, menjadi relawan, maupun sekadar datang untuk memberikan hak suara. Jika masih harus ditambah dengan perang urat saraf, maka tubuh akan merasakan dampaknya.

"Kelelahan fisik dan psikis juga akan memperburuk daya tahan tubuh seseorang," kata dr Ari Fahrial Syam, SpPD, praktisi kesehatan RS Cipto Mangunkusumo, mengomentari risiko kelelahan saat pilkada.

Baca juga: Stres Menunggu Hasil Pilkada? Ini Saran Dokter Jiwa

Selain mudah tertular infeksi, tubuh yang kelelahan juga rentan mengalami berbagai masalah termasuk gangguan sistem metabolisme. Dicontohkan oleh dr Ari, seseorang yang kelelahan mudah mengalami kekambuhan sakit mag, gangguan kejiwaan, asma, kencing manis, hipertensi, stroke dan bahkan serangan jantung.

Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari risiko tersebut? Psikiater dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera, dr Andri, SpKJ menyarankan untuk lapang dada menerima apapun hasil pilkada. Berpikir positif akan jauh lebih menguntungkan daripada saling melempar tuduhan serta provokasi

"Semua itu diawali dari persepsi kita, semua diawali dari pikiran kita sendiri. Jika dalam pikiran kita banyak hal positif maka perilaku kita juga akan positif. Untuk itulah isi pikiran kita dengan berita baik. Jangan kebanyakan menelan Hoax," pesan dr Andri.

Baca juga: Pesan Dokter Agar Tak Tumbang Saat Mengikuti Proses Pilkada (up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close