Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Diet Experience

Kunci Umar Turunkan Bobot 17 Kg: Minum Air Jeruk Nipis dan Sarapan Buah

Umar Firjon Failani - detikHealth
Kamis, 16/02/2017 15:30 WIB
Before
After
Jember - Memilih menu makanan yang tepat dan porsinya tak berlebihan merupakan salah satu kunci untuk menurunkan berat badan secara alami. Demikian juga yang dialami oleh Umar Firjon Failani (33).

Ia mencoba untuk rutin mengonsumsi air jeruk nipis di pagi hari, serta selalu sarapan dengan menu buah-buahan segar. Porsi makan siang dan malamnya pun selalu diatur agar tak berlebihan. Alhasil bobotnya turun dari semula 84 kg menjadi 67 kg. Berikut kisahnya, seperti ditulis detikHealth pada Kamis (16/2/2017):

Masalah makan bagi orang gemuk seperti saya cukup menyulitkan. Mau mengurangi makan, kepala kok rasanya pusing, tapi makan seperti biasanya malah tambah gemuk. Berat saya dulu awal menikah 71 kg dengan ukuran celana nomor 34, namun setelah 3 tahun menikah berat badan saya naik drastis menjadi 84 kg. Mungkin karena saya jadi suka ngemil dan makan sebelum tidur.

Dalam tahun-tahun tersebut saya jadi sering bergonta-ganti ukuran celana, mulai dari nomor 34 sampai dengan nomor 40. Saat itulah berat badan saya mulai terasa mengganggu. Saya sempat mencoba diet OCD dan setelah 3 minggu saya sempat turun sebanyak 5 kg, namun akhirnya saya sakit batuk pilek dan tidak sembuh-sembuh sampai hampir 1 bulan. Akhirnya saya berhenti melakukan OCD dan berat saya naik menjadi 83 kg.

Selain diet OCD saya pernah menggunakan pengaturan pola makan, namun lagi-lagi metode ini tidak cocok, berat badan susah turun dan badan jadi lemas. Tensi juga sering rendah, rasanya kalau menunduk seperti mau pingsan, berat badan saya pun naik lagi jadi 84 kg.

Sampai akhirnya setahun lalu tangan saya tiba-tiba kaku, saya pun melakukan cek darah dan ternyata kolesterol saya tinggi. Takut jadi stroke, saya pun mencoba diet OCD lagi, tapi baru 5 hari saya malah sakit.

Sempat frustasi dengan masalah menurunkan berat badan, lalu pada sebuah perjalanan saya ketemu teman lama dan bercerita ternyata dia sedang menjalani diet jeruk nipis (pagi setelah bangun tidur minum jeruk nipis) dan telah turun 2 kg selama 2 minggu.

Setelah sampai di rumah saya langsung bercerita dengan istri. Ia pun langsung mendukung saya karena saya tidak punya penyakit mag. Istri juga selalu menyiapkan menu sarapan saya berupa buah-buahan. Untuk makan siang dan sore, saya makan dengan lauk seperti biasa tapi porsinya tak berlebihan.

Tak lupa saya selalu banyak minum air putih juga. Kalau saya mendadak ingin ngemil, istri saya selalu mengupaskan buah. Hasilnya, berat badan saya turun menjadi 67 kg.

Metode saya, air jeruk nipis hangat diminum pagi di waktu bangun tidur, namun sebelum ditelan lakukan kumur-kumur terlebih dahulu. Setelah 1,5 bulan melakukan diet jeruk nipis saya berhenti, dan untuk menjaga berat badan saya hanya mengontrol makan agar tidak berlebihan dan diimbangi olahraga berat seminggu sekali.

Alhamdulillah saya masih tetap bisa mempertahankan berat badan saya, dan setelah saya periksa kadar kolesterol saya sudah normal. Terima kasih untuk istri yang selalu menyiapkan air jeruk dan buah-buahan sehingga program diet saya sukses. Selamat mencoba.

Baca juga: Sulit Cari Ukuran Baju yang Pas, Tri Sukses Turunkan Bobot 20 Kg!



(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit