detikhealth

Laki-laki Juga Bisa Mengalami Depresi Selama Istrinya Hamil

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 17/02/2017 15:05 WIB
Laki-laki Juga Bisa Mengalami Depresi Selama Istrinya HamilFoto: thinkstock
Jakarta, Menyambut hadirnya anak ke dunia bisa menjadi beban tersendiri terutama bagi mereka yang baru merasakan jadi orang tua. Oleh karena itu sudah banyak diketahui bahwa seorang ibu bisa rentan terkena depresi.

Tapi selain itu hal yang sama juga sebetulnya bisa terjadi dengan sang ayah. Hal itu dibuktikan oleh studi terbaru dari New Zealand yang melihat data survei pada 4.000 pria. Hampir sekitar 6 persennya menunjukkan peningkatan gejala depresi.

"Saya pikir penting untuk disadari oleh para pasangan bahwa salah satu dari mereka bisa alami depresi. Disarankan untuk mencari pertolongan dan mencari dukungan," kata pemimpin studi Lisa Underwood dari University of Auckland.

Baca juga: Ibu Alami Baby Blues Atau Depresi Pasca Melahirkan, Bagaimana Membedakannya?

Menurut Lisa saat ini fokus studi memang masih banyak terpusat pada ibu. Hal ini kemungkinan karena pengaruh kehamilan dan persalinan yang lebih terasa dampaknya pada ibu.

Namun bukan berarti kesehatan mental sang ayah bisa diabaikan. Ketika depresi pada ayah tidak terdeteksi maka nantinya akan berpengaruh pada masalah emosi anak seperti yang telah dibuktikan oleh studi sebelumnya.

Lebih jauh lagi Lisa mengatakan bahwa ayah yang depresi tingkat kesehatannya juga cenderung buruk. Namun studi tidak mampu membuktikan bahwa depresi menyebabkan penurunan tingkat kesehatan.

"Pada intinya studi kami mengerucut pada kenyataan bahwa kita perlu lebih mendukung pasangan," tutup Lisa seperti dikutip dari Reuters, Jumat (17/2/2017).

Baca juga: Peran Ayah Juga Penting Agar Ibu Tak Alami Baby Blues Pasca Melahirkan(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close