detikhealth

Cinemathoscope

Perfume, The Story of A Murderer: Obsesi Seorang Pembuat Parfum

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 17/02/2017 17:39 WIB
Index Artikel Ini   Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 2 dari 4 Next »
Perfume, The Story of A Murderer: Obsesi Seorang Pembuat Parfum 2 Foto: YouTube
1. Pembunuhan pertama

Grenouille sempat kebingungan melihat mayat gadis ini. Tetapi bukannya ditolong, ia lantas merobek baju gadis ini dan mencium tiap jengkal tubuhnya. Namun karena gadis ini telah meninggal, aroma wangi yang memabukkan di tubuhnya otomatis juga hilang, sehingga pria kurus ini terobsesi untuk mencari cara agar bisa 'menangkap' dan 'mempertahankan' aroma.

Gayung bersambut ketika suatu hari ia diminta mengantar samakan kulit kambing ke seorang maestro pembuat parfum bernama Giuseppe Baldini. Namun ia sudah lama tidak membuat parfum lagi, sehingga mulai ditinggalkan pelanggannya.

Meski demikian ia masih memiliki pelanggan setia yang memintanya untuk dibuatkan parfum baru. Namun sebagai inspirasinya, ia mencoba menguji parfum Amor and Psyche yang sedang populer. Tetapi ia berulang kali gagal menebak satu kandungan penting dalam parfum tersebut, hingga akhirnya ia ketiduran.

Malamnya ia terbangun oleh kedatangan Grenouille. Begitu masuk ke gudang milik Baldini, Grenouille sumringah mencium beragam bau wangi dari minyak esensial milik Baldini. Sebelum Baldini berlalu, Grenouille sempat mengalihkan perhatian pria ini dengan pertanyaan apakah kulit kambing itu akan dibuat wangi dengan parfum Amor and Psyche. Namun Baldini mengelak.

"Darimana pikiran semacam itu berasal?" tanya Baldini. Grenouille menjawab, itu karena aroma Amor and Psyche tercium dari sekujur tubuh Baldini. Padahal menurut Grenouille, aroma parfum itu biasa saja, bahkan terlalu banyak rosemary, bargamot dan nilam. Tertarik, Baldini kemudian mengetes apa saja kandungan parfum itu, dan Grenouille hanya mengambil botol demi botol berisi cairan yang biasa dipakai sebagai komposisi parfum, tanpa tahu apa namanya.

Meski begitu Grenouille menjamin ia bisa membuat Amor and Psyche persis dengan aslinya. Awalnya Baldini keberatan, tetapi ia lantas memberi Grenouille kesempatan untuk mencoba membuatkannya formula dari parfum pesaingnya itu. Tanpa gelas ukur, Grenouille mencampur setiap cairan dari botol yang dikumpulkannya tadi lalu mengocoknya. Baldini terperangah dengan kemampuan buruh kasar itu.

Namun Grenouille justru mengatakan bahwa ia bisa membuat parfum yang lebih baik dari Amor and Psyche. Ia lantas mengambil beberapa botol lain lagi dan mencampurkannya ke dalam formula Amor and Psyche tadi. Setelah dikocok beberapa kali, Grenouille dipersilakan pulang.

Giuseppe Baldini (Foto: YouTube)Giuseppe Baldini (Foto: YouTube) Foto: YouTube


Setelah mencium aroma parfum bikinan Grenouille, Baldini langsung membeli pria ini dari majikannya sebesar 50 franc. Dan parfum tadi kemudian digandakan dan dijual bebas, mengembalikan kejayaan nama Baldini. Tak lupa kepada jasa Grenouille, Baldini juga mengajari pegawainya itu tentang berbagai hal yang berkaitan dengan parfum, semisal tiap parfum mengandung 3 cord; luar, inti dan dasar, dengan masing-masing cord terdiri atas 4 esensi sehingga ada 12 esensi.

Setelah dijelaskan tentang ke-12 esensi itu, Grenouille bermimpi tentang gadis yang dibunuhnya. Ambisinya untuk menangkap bau semakin menggebu-gebu. Baldini kemudian mengajarinya cara membuat minyak esensial dari 10.000 bunga mawar segar yang 'dimasak' di dalam ketel khusus untuk 'menangkap' aromanya. Grenouille bahkan menunggui hingga tetes esensi pertama dari mawar-mawar itu keluar.

Suatu malam, Baldini terbangun dari tidurnya karena mendengar Grenouille menangis. Sang master dituduh berbohong karena buktinya tak semua bau bisa 'ditangkap'. Baldini terkejut bukan main karena melihat Grenouille bereksperimen dengan berbagai hal seperti kaca, tembaga, bahkan kucing. Saat itulah Baldini menegaskan bahwa Grenouille tak dapat menyaring aroma dari kucing, seperti halnya menangkap aroma tubuh manusia.

Sadar jika itu berarti ia tak bisa 'menangkap' aroma dari tubuh seorang gadis, Grenouille pun jatuh pingsan dan sakit, bahkan nyaris sekarat. Saat itulah mimpi tentang si gadis muncul kembali. Begitu tersadar, ia menanyakan apakah ada cara lain untuk menyaring bau. Menurut Baldini, ada sebuah cara yang disebut seni misterius Enfleurage, tetapi ia tak bisa mengajarinya karena itu hanya ada di kota penghasil parfum terkemuka, Grasse.

Sudah cukupkah ilmu yang dimiliki Grenouille saat ini?



 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit