detikhealth

Artikel 18+

Benarkah Afrodisiak Ampuh Tambah Gairah Bercinta?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Jumat, 17/02/2017 18:38 WIB
Benarkah Afrodisiak Ampuh Tambah Gairah Bercinta?Foto: thinkstock
Jakarta, Beberapa asupan diyakni ampuh menjadi afrodisiak. Ya, asupan yang dipercaya bisa meningkatkan gairah seksual. Hmm, apa benar ada hubungan langsung asupan yang dianggap afrodisiak tersebut dengan meningkatkan gairah seks seseorang?

"Klaim literatur populer bahwa beberapa asupan bisa menambah libido tidak memiliki bukti ilmiah yang mendukung. Kebanyakan asupan yang disebut afrodisiak diasosiasikan dengan bentuk anatomi," kata psikolog klinis Lynn Edlen-Nezinm dikutip dari CNN.

Misalnya, alpukat sebagi bentuk tubuh wanita dan pisang sebagai bentuk penis. Menurut Lynn, kepercayaan masyarakat soal hal ini berpengaruh kuat terhadap apa yang masyarakat percaya soal afrodisiak.

Sementara, Robert Fried, penulis 'Great Food, Great Sex: The Three Food Factors for Sexual Fitness' menekankan bahwa yang bisa memengaruhi libido baik pada pria maupun wanita adalah hormon testosteron. Tapi, perlu diingat bahwa testosteron tidak bisa ditemukan di makanan.

Hanya saja, baik Lynn maupun Robert tak menampik jika asupan tertentu mengandung mikronutrien yang berpengaruh pada produksi hormon, termasuk hormon seks. Misalnya saja, tiram kaya akan zat besi yang berperan penting dalam menentukan kadar testosteron di tubuh. Namun, secara pasti berapa jumlah tiram yang baiknya dikonsumsi untuk mengoptimalkan kadar testosteron belum diketahui.

Baca juga: Bukannya Menggairahkan, Hubungan Intim Bisa Berujung Petaka karena 5 Hal Ini

"Tapi ini tergantung juga dari bagaimana kondisi psikis seseorang. Bayangkan jika Anda sedang makan malam dengan pasangan lalu disuguhi menu tiram dan langsung saja Anda membicarakan tentang hubungan ranjang, pasti itu jadi hal yang aneh bukan?" tambah Robert.

Ia menambahkan, performa seksual tergantung pada kemampuan pembuluh darah mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Sehingga, saat seseorang bergairah, aliran darah ke organ vital optimal dan memperbesar jaringan di area tersebut. Nah, kemampuan pembuluh darah mengalirkan darah tergantung dari kesehatan kardiovaskular.

Untuk mendapat sistem kardiovaskular yang sehat, ada beberapa asupan yang disarankan baik oleh Robert maupun Lynn. Makanan kaya protein, sayuran hijau, makanan kaya antioksidan, serta dark chocolate amat disarankan untuk dikonsumsi. Tapi jangan lupa, pada prinsipnya penting menerapkan pola makan seimbang yang diimbangi pula dengan gaya hidup sehat.

Baca juga: Ini Frekuensi Ideal untuk Berhubungan Intim Berdasarkan Rentang Usia(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit