detikhealth

Dibanding Teknik 'Melempar', Dokter Lebih Anjurkan Pijat Ini untuk Bayi

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Jumat, 17/02/2017 20:01 WIB
Dibanding Teknik Melempar, Dokter Lebih Anjurkan Pijat Ini untuk BayiFoto: Jhoni Hutapea
Jakarta, Meski viral, teknik memijat dengan cara 'melempar-lempar' bayi seperti yang kini sedang banyak beredar di media sosial justru tidak dianjurkan oleh dokter lho. Untuk bayi, ada lho teknik pijat lain yang lebih aman.

Salah satunya disebutkan oleh dr Meta Hanindita, SpA adalah teknik pijat I Love You. Teknik pijat ini dilakukan pada beberapa bagian tubuh bayi, dengan tekanan yang lembut dan tidak terlalu kencang.

Salah satu manfaat dari teknik pijat ini diyakini adalah membuat bayi lebih rileks, nyaman dan membantu mengatasi kolik. Meskipun sampai saat ini belum ada penjelasan pasti mengenai apa penyebab kolik, namun beberapa hal diyakini dapat mencegah datangnya kondisi ini, salah satunya dengan teknik pijat I Love You.

Untuk melakukannya di rumah, dr Meta menjelaskan teknik ini bisa Anda lakukan dengan cara berikut:

Baca juga: Viral di Medsos, Pijat Ekstrem yang Membuat Bayi Tampak 'Dilempar'

1. Kaki
Pijat telapak kaki dari arah tumit ke jari kaki. Remas jari satu persatu. Pijat punggung kaki, mulai dari mata kaki sampai ke jari kaki.

2. Paha dan Betis
Pegang kedua paha bayi dengan kedua tangan kita. Putar dari dalam ke luar sambil bergerak turun menuju betis. Kembali ke atas dengan gerakan yang sama.

3. Dada
Telapak tangan terbuka ke tengah dada bayi, lalu geser menyilang ke kanan atas, kemudian kembali ke tengah, ke kiri atas, kembali ke tengah. Setelah itu, lakukan gerakan geser menyilang dari arah kiri bawah, kembali ke tengah, kanan bawah, dan kembali ke tengah.

4. Perut
Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I-L-U dari arah bayi. Bila dari posisi kita membentuk huruf I-L-U terbalik. Berikut tahapan memijat:
- Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I)
- Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L)
- Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk huruf U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.

5. Tangan
Pijat dari pangkal lengan, lalu turun ke tangan. Kemudian kembali memijat dari tangan ke pangkal lengan.

6. Wajah
Pijat mulai dari tengah menuju samping kiri, kemudian tengah menuju samping kanan.

dr Meta menjelaskan, beberapa riset membuktikan bahwa pijat bayi dapat meningkatkan berat badan bayi, membantu mengurangi gejala kembung dan kolik sehingga membuat bayi dapat tidur nyenyak. Selain itu, pijat bayi juga dikatakan dapat membantu proses perkembangan sejumlah organ tubuhnya.

"Sebetulnya, kita bisa lho memijat bayi kita sendiri. Selain lebih irit tentunya, kegiatan ini dapat meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Pijat bayi juga dapat membuat bayi merasa lebih rileks," imbuhnya.(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close