detikhealth

Konsultasi Kulit dan Kelamin
dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK

DNI SKIN CENTRE
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com
Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK UNUD/RSUP Sanglah

Menghilangkan Bekas Luka Agar Wajah Halus Kembali

Selasa, 21/02/2017 18:16 WIB
Menghilangkan Bekas Luka Agar Wajah Halus Kembali Foto: Thinkstock
Saya mau tanya nih, saya kan punya scar, nah saya bingung menentukan bagaimana cara pengobatannya. Sudah dari bahan-bahan alami sampai cream scaring dipakai tapi tidak menunjukkan hasil.

Saya lihat di internet banyak yang jual alat dermaroller, apakah itu bisa membantu dan aman dilakukan sendiri di rumah? Adakah efek sampingnya jika melakukan treatment itu sendiri atau sebaiknya bagaimana? Mohon arahannya Dok. Terimakasih.

(Pipit, 21 tahun)

Jawaban

Halo Pipit, penanganan scar pada wajah memang agak susah dan hasilnya kadang tidak bisa maksimal atau jadi halus seperti kulit awal. Scar atau jaringan parut baik karena bekas jerawat, cacar air atau sebab lain umumnya bekasnya cenderung dalam sehingga dibutuhkan penanganan atau kombinasi dari beberapa treatment agar hasilnya maksimal.

Krim umumnya bisa membantu untuk menghaluskan kulit permukaannya. Sedangkan scar yang cekung diperlukan kombinasi antara dermaroller yaitu penggunaan jarum-jarum halus yang digelindingkan dipermukaan kulit, subscision (subsisi) yaitu untuk menaikkan scar yang cekung dalam dan dapat juga dengan laser fractitional CO2 untuk menghaluskan.

Penggunaan dermaroller sebaiknya dalam kondisi steril sebab jarum-jarum yang ditusukkan menyebabkan luka yang dapat berisiko masuknya kuman sehingga menimbulkan infeksi. Selain itu tekanan roller dan arahnya memiliki teknik khusus. Sehingga saya sarankan untuk treatment dermaroller dilakukan oleh dokter.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com

(vit/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close