detikhealth
Konsultasi Kulit dan Kelamin
dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK

DNI SKIN CENTRE
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com
Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK UNUD/RSUP Sanglah

Mengatasi Ketombe Berkerak

Rabu, 22/02/2017 12:51 WIB
Mengatasi Ketombe BerkerakFoto: thinkstock
Dok saya punya masalah sama kulit rambut saya. Itu ketombenya menempel di kulit kepala dan seperti berkerak dan tebal gitu Dok, saya sudah coba berbagai sampo sampai cara alami tapi kok tidak hilang-hilang ya dan malah membuat rontok.

Apa langkah awal yang harus saya lakukan? Apakah harus setiap hari keramas? Selama ini saya keramas 2 hari sekali dan akhir-akhir ini seperti semakin banyak Dok dan membuat rontok semakin parah. Saya bingung Dok saya sudah coba berbagai macam sampo anti ketombe dan tetap tak membuahkan hasil. Terimakasih.

Dza (Wanita, 21 tahun)


Jawaban

Halo Dza,

Ketombe yang berat dikenal dengan istilah dermatitis seboroik yaitu sejenis eksim pada kulit kepala dan area tubuh yang banyak kelenjar minyaknya. Penyakit ini ditandai ketombe yang tebal serta kasang dijumpai kemerahan pada kulit kepala serta sering disertai kerontokan rambut. Penyakit ini umumnya sering kambuh-kambuhan terutama kondisi kecapaian, stres atau banyak pikiran. Namun kadang penyakit ini akan hilang sendiri.

Kalau berat penanganan penyakit ini tidak cukup hanya menggunakan sampo. Dibutuhkan hair tonik khusus yang mengandung steroid serta kadang dibutuhkan penggunaan obat minum yang mengandung steroid dan antihistamin.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com(hrn/vit)


 
Berita Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit