detikhealth

Ini Pentingnya Rekam Medis Elektronik di Indonesia

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Jumat, 24/02/2017 07:10 WIB
Ini Pentingnya Rekam Medis Elektronik di IndonesiaFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Ketika seseorang sakit, tidak semua orang bisa menerima penanganan yang sama karena adanya perbedaan genetik. Nah, untuk memudahkan penangannya, petugas medis memerlukan data rekam medis yang kini sudah bisa berbasis elektronik.

"Rekam medis elektronik itu sangat penting. Jadi setiap ke rumah sakit yang berbeda nggak perlu cek lagi karena sudah ada datanya," ucap Ketua Program Magister Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Harryadin Mahardika, PhD.

Hal tersebut ia jelaskan dalam acara #13 MeetUp IdBigData di Universitas Indonesia, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2017). Dalam kesempatan yang sama, Dr dr Budi Wiweko SpOG(K) menjelaskan bahwa saat ini rekam medis elektronik sangat mendukung personalized medicine.

"Ya contoh personalized medicine itu ketika Angelina Jolie memiliki gen BRCA1 dan BRCA2. Itu positif 90 persen kanker payudara dan dengan confident dia buang kedua payudaranya," ucap dr Iko kepada detikHealth.

Baca juga: Komputer Ini Mampu Prediksi Kapan Jantung Pasien Alami Kegagalan

dr Iko mengharapkan dengan berkembangnya rekam medis elektronik, maka penanganan penyakit pada seseorang akan lebih tepat. Karena penanganan seseorang akan berbeda sesuai risiko penyakitnya.

Ia memberi contoh, dengan bantuan rekam medis elektronik dan personalize medicine, seseorang yang berisiko kista endometriosis akan mendapat bantuan pencegahan. Misalnya dengan menerapkan gaya hidup sehat, berolahraga, konsumsi makanan sehat dan mengurangi paparan polusi udara.

"Jadi data itu bisa diperolah jika dilakukan dengan baik seperti pengelolan rekam media elektronik dan personalized medicine. Sehingga bisa menyimpulkan faktor risiko," imbuh dr Iko.

Baca juga: Tak Perlu Antre Loket, Daftar di Puskesmas Kelapa Gading Cukup Via SMS (rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit