detikhealth

Saat Anak Di-bully dan Dikasari, Apa Tindakan Terbaik Orang Tua?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 27/02/2017 09:06 WIB
Saat Anak Di-bully dan Dikasari, Apa Tindakan Terbaik Orang Tua?Foto: Thinkstock
Jakarta, Saat diejek dan dikasari teman, tak semua anak berani untuk melapor pada guru atau orang tuanya. Jika sudah demikian, apa tindakan yang sebaiknya dilakukan orang tua?

Menurut psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, MPsi, jika anak masih berusia sekolah dan belum remaja, biasanya memang kemampuan kognitif untuk menghadapi hal semacam ini masih terbatas, sehingga orang tua seringkali kesulitan menghadapinya. Orang tua juga dianjurkan untuk tidak lantas mengajarkan anak untuk 'membalas kasar' perbuatan teman-temannya.

"Misalnya orang tua bilang 'yaudah kamu tonjok balik saja, itu kan kesannya kurang baik ya. Yang kita khawatirkan dengan cara ini anak justru tidak mampu menilai perbuatan temannya," tutur wanita yang akrab disapa Nina tersebut.

Baca juga: Kata Pakar, Begini Perkembangan Emosi dan Sosial pada Anak Usia 1-3 Tahun

Nina menjelaskan, akan lebih baik jika orang tua mengajarkan anak cara-cara untuk berani membela diri. Misalnya anak usia SD diajari untuk bisa menangkis pukulan temannya. Jadi membela diri di sini diartikan bukan sebagai tindakan balas menyerang.

Jika kemudian anak sampai terpukul, maka ajarkan anak untuk berani melaporkan kejadian tersebut pada orang dewasa yang bisa dipercaya. Misalnya guru saat anak di sekolah, orang tua, atau satpam jika kejadian tersebut terjadi di lingkungan rumah.

"Di sini ada kemampuan anak yang harus diperbaiki, yakni kemampuan membela diri, komunikasi, observasi lingkungan serta mengontrol emosi. Anak harus mengenali lingkungan sekolah dan rumah, agar bisa detail saat melaporkan kejadian. Semakin menguasai kemampuan bela diri dan melapor, anak akan jauh lebih matang dan berani," ujar Nina.

Baca juga: Anak Takut Saat Bertemu Orang Baru? Begini Trik Mengatasinya


(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit