detikhealth

Cerita Astrid Tiar yang Sempat Galau karena Rambut Putrinya Tipis

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Senin, 27/02/2017 11:32 WIB
Cerita Astrid Tiar yang Sempat Galau karena Rambut Putrinya TipisAstrid dan Anabelle/ Foto: Radian Nyi S
Jakarta, Saat memiliki anak perempuan, wajar jika seorang ibu ingin rambut sang anak tumbuh lebat. Tapi, ibu bisa jadi galau ketika nyatanya rambut si anak tumbuh tipis. Nah, hal ini juga sempat dialami aktris Astrid Tiar.

Astrid menceritakan anak pertamanya yang kini berusia 4 tahun, Dialucita Annabel Estheressa Thiorina Situmorang atau Annabele memiliki rambut yang tak terlalu tebal. Diibaratkan Astrid, Anabelle 'botak' sampai usianya 2 tahun.

"Itu dulu kendala banget. Aku sempat bikin creambath sendiri buat Anabelle pakai alpukat sama kemiri biar rambutnya tebal dan hitam. Ramuan alami itu aku pakaikan ke Anabelle waktu umur dia 6 bulan sampai satu tahun," cerita Astrid.

Di sela-sela acara #MyBabyKeramasCeria di Playparq, Kemang, baru-baru ini, Astrid mengungkapkan setelah rambut Anabelle di-creambath dengan ramuan buatan rumah, rambut Anabelle didiamkan sejenak, kemudian baru dibilas.

"Lumayan bisa jadi lebih tebal rambutnya Anabelle pas mulai umur 2 tahun. Padahal kalau dilihat aku sama suamiku rambutnya tebal. Intinya kita orang tua nggak boleh pasrah harus mencoba berbagai cara untuk membuat rambut anak kita hitam, tebal, dan berkilau he he he," tambahnya.

Di usia 4 tahun, pastinya Anabelle lebih aktif. Bahkan, Astrid mengatakan putrinya itu hanya diam ketika tidur. Nah, keaktifan Anabelle kadang membuat dirinya mudah berkeringat dan rambutnya berbau tak sedap serta 'bau matahari'.

"Apalagi cuaca di Inggris sama di sini kan beda ya. Makanya kadang kalau Anabelle lagi ketemu opungnya atau anggota keluarga lain suka deg-degan gitu takut rambutnya asem. Makanya, sampo bayi yang wanginya tahan lama membantu aku banget," kata Astrid.

Baca juga: Saat Bayi Kena Eksim, Mandi Rutin Tak Masalah Jika Dilakukan Seperti Ini

Hadir dalam kesempatan sama, dr Margaretha Komalasari SpA mengatakan rambut anak umumnya akan terlihat bakal tebal atau tipis ketika di usia 3 tahun. Menurut dr Atha, begitu ia akrab disapa, tebal tipisnya rambut anak tergantung dari faktor genetik.

Tapi, asupan nutrisi pun berperan penting. Menurut dr Atha, asam folat dan omega 3 baik untuk pertumbuhan rambut. Tapi, pada prinsipnya dr Atha menekankan bahwa anak mesti mendapat asupan gizi yang seimbang.

Sementara, Brand Development Manager My Baby Selva Marsentiani mengatakan kemiri dan alpukat terbukti bisa menebalkan dan meningkatkan kilau rambut. Kemiri, kata Selva, ampuh menebalkan dan menghitamkan rambut karena mengandung asam linoleat dan linolenat yang merupakan jenis omega 3, yang mampu merangsang pertumbuhan rambut. Sementara, alpukat juga mengandung asam folat dan omega 3 yang baik untuk menjaga kelembapan rambut dan membuat rambut hitam serta berkilau.

Baca juga: Bisakah Campak Menular dari Angin dan Air Mandi? Ini Kata Dokter

(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit