Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Mengatasi Ejakulasi Dini dan Disfungsi Ereksi di Usia 60-an Tahun

Selasa, 28/02/2017 18:15 WIB
Mengatasi Ejakulasi Dini dan Disfungsi Ereksi di Usia 60-an TahunFoto: thinkstock
Saya mengalami ejakulasi dini sejak tahun 2012 dan sulit ereksi kalau sedang dibutuhkan. Tapi kadang tiba-tiba muncul ereksi pada malam hari saat pukul tiga dini hari.

Saya mengonsumsi obat thyrozol dan gastrolan karena hipertiroid dan lambung (kontrol dokter setiap bulan). Mohon nasihat Dokter bagaimana solusi ejakulasi dini dan susah ereksi?

T (Laki-laki, 61 tahun)

Jawaban

Mengingat usia Anda yang sudah kepala 6, pada umumnya mulai timbul gejala disfungsi ereksi (DE) dan ejakulasi dini (ED). Tambahan pula Anda sedang dalam pengobatan hiperthyroid dengan obat thyrozol, yang akan berpengaruh pada kualitas ereksi penis Anda.

Bila fungsi kelenjar thyroid sudah terkontrol, dengan kadar FT-4 dan TSHs normal, berangsur kualitas ereksi penis Anda akan pulih kembali.
Yang menggembirakan, morning erection (ereksi penis di pagi hari) masih terjadi, petunjuk kadar hormon pria (testosteron) masih relatif cukup.

Dianjurkan Anda berkonsultasi pula dengan dokter spesialis urologi disertai surat rujukan dari dokter spesialis endokrin yang mengobati penyakit hiperthyroid Anda.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.


(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit