detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Pasutri yang Tidak Pernah Bercinta Sejak Istri Hamil

Rabu, 01/03/2017 18:13 WIB
Pasutri yang Tidak Pernah Bercinta Sejak Istri HamilFoto: thinkstock
Dok, saya mau bertanya. Saya pria yang sudah menikah kurang lebih dua tahun. Alhamdulilah sekarang istri saya hamil, namun sejak ia hamil kami tidak pernah berhubungan intim. Saya tidak tahu mengapa.

Yang ingin saya tanyakan adalah apakah berhubungan saat hamil dapat berbahaya bagi janin? Apakah hamil menyebabkan istri saya kehilangan hasrat untuk bercinta? Lalu Dok, bagaimana dengan saya, apakah saya harus menunggu selama sembilan bulan? Terima kasih Dok.

Mr R (Laki-laki, 28 tahun)

Jawaban

Pertama, selamat atas hamilnya istri Anda, pertanda tidak lama lagi Anda dan istri akan punya momongan. Saat hamil terjadi gangguan keseimbangan hormon-hormon wanita yang membuat libido (hasrat seksual) istri Anda. Juga perut yang membesar karena ada janin yang di kandung, membuat istri waswas, ada rasa takut bila janin akan tertekan bila hubungan intim.

Hubungan intim tidak dianjurkan pada trimester pertama dan akhir kehamilan. Di luar periode itu boleh melakukan hubungan intim dengan posisi rear entry position/doggie position, atau side by side position.

Bagaimanapun, hubungan intim yang ideal adalah bila dilakukan atas kehendak bersama dan keduanya tengah dalam kondisi bugar fisik dan psikis.
Maka jangan Anda lakukan bila istri menolak atau enggan. Bagaimana Anda menyalurkan hasrat birahi Anda? Dengan bantuan istri lakukan masturbasi secara manual, atau alihkan dorongan seksual Anda pada kegiatan olahraga, spiritual dan seni.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit