detikhealth

Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Anak Hendak Pakai Behel

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Kamis, 02/03/2017 07:34 WIB
Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Anak Hendak Pakai BehelFoto: thinkstock
Jakarta, Behel atau kawat gigi digunakan untuk memperbaiki kondisi gigi yang bermasalah. Bagi orang tua, beberapa hal mesti diperhatikan saat hendak memakaikan behel untuk anaknya.

"Penggunaan behel itu nggak ada batasan usia. Anak kecil juga boleh menggunakan behel kok," kata drg Imelda Maharani ApOrt kepada detikHealth.

Namun drg Imelda menerangkan, ada syarat untuk anak yang akan menggunakan behel, yaitu anak sudah memiliki gigi tetap. Biasanya gigi tetap akan tumbuh saat anak berusia 9-11 tahun.

"Tapi kalau anak masih kecil dan ada sedikit masalah pada giginya, kayaknya nggak perlu pakai behel. Bisa pakai misalnya alat yang lain karena masih mudah diperbaiki," sambung dokter yang praktik di Bamed Dental Care ini.

Baca juga: Ngedot Kelamaan, Bisa-bisa Anak Bakal Pakai Behel Saat Besar Nanti

Lantas, apa saja yang mesti diperhatikan saat anak akan menggunakan behel? drg Imelda mengatakan, pada prinsipnya sebelum melakukan perwatan dengan behel, gigi akan dicek dan dirawat terlebih dahulu jika memiliki masalah.

"Misalnya ada karies di gigi geligi, maka ditambal dulu. Atau kalau nggak ada ruangan, maka buang gigi geraham belakang dulu," imbuh drg Imelda.

Baca juga: Pakai Behel untuk Gaya-gayaan Banyak Risikonya, Susah Mingkem Salah Satunya


(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit