Hari Anak Nasional

Cara Unik Ibu Kabarkan Kehamilan: Pasang Pengumuman 'Penggusuran'

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Kamis, 02/03/2017 13:03 WIB
Cara Unik Ibu Kabarkan Kehamilan: Pasang Pengumuman PenggusuranFoto: Instagram/@rainydae91
Georgia , Berbagai cara bisa dilakukan pasangan suami istri (pasutri) untuk memberitahukan berita kehamilannya. Termasuk yang dilakukan pasangan ini dengan membuat pengumuman yang seakan-akan berasal dari manajemen pusat perbelanjaan.

Adalah pasangan bernama Aaron Horton dan Sharana yang memiliki anak perempuan berusia 14 bulan. Si anak bernama Summer Rayne. Nah, saat ini, Sharana tengah hamil 14 minggu. Dari hasil USG diketahui Sharana tengah mengandung bayi laki-laki.

Dalam foto yang diunggah ke akun instagramnya, @rainydae91, Sharana melakukan cara unik untuk memberi tahu kabar kehamilannya. Dalam foto tersebut, ia menuliskan kertas berisi pengumuman di pinggir boks Summer.

"Pemberitahuan 'penggusuran'. Harap perhatikan, statusmu sebagai anak satu-satunya akan kedaluwarsa dalam waktu 18 minggu ke depan. Diharapkan kamu bisa mengosongkan tempat karena tennant baru akan datang pada 25 Juni 2017. Terima kasih. Manajemen alias Ibu dan Ayah," demikian tertulis pada kertas tersebut.

Kepada BuzzFeed, Sharana mengatakan ide tersebut muncul ketika ia tengah membereskan kamar Summer yang nantinya akan berbagi dengan sang adik. Dalam foto tersebut, si kecil Summer tampak menangis. Sharana menjelaskan putrinya menangis karena sang ayah mengambil pizza yang sedang dia makan kala itu.

"Dia suka makan dan benar-benar suka dengan pizza yang renyah. Saat dia menangis, saya kemudian mengembalikkan pizza-nya," ujar Sharana.

Baca juga: Studi Sebut Anak Pertama Cenderung Lebih Pintar, Ini Alasannya

Sejak diunggah pada 22 Februari lalu, foto ini sudah mendapat like dari 15 ribu netizen. Mayoritas netizen merasa terhibur dengan pengumuman itu. Banyak pula dari mereka yang mengucapkan selamat dan mendoakan yang terbaik untuk keluarga tersebut.

Pada anak, rasa cemburu bisa mereka alami ketika tahu sang ibu tengah mengandung adiknya. Psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, M.Psi, Psikolog mengatakan pada anak, pertanyaan yang paling sering muncul adalah apakah ibu atau ayah akan berubah menjadi tidak sayang kepada dirinya ketika si adik muncul.

Perasaan seperti iri, cemburu, serta takut tersaingi dalam mendapat perhatian maupun kasih sayang, juga bisa muncul sebagai bentuk atau sikap penolakan kakak terhadap adiknya. Sehingga wajar jika sang kakak akan merasa tersisihkan.

"Itu bisa diminimalisir jika ayah atau ibu tetap berusaha seimbang dalam memberi perhatian dan kasih sayang pada si kecil. Ketika adik telah lahir, usahakan perhatian keluarga tidak hanya terfokus kepada bayi yang baru lahir, namun justru perhatian kakak harus tetap ada dan tidak berubah sehingga ia tidak akan merasa bahwa adik adalah saingannya," ucap wanita yang praktik di RaQQi - Human Development & Learning Centre, Tebet, Jakarta Selatan.

Baca juga: Menentukan si Kakak dan si Adik pada Bayi Kembar


(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit