detikhealth

Peregangan Tak Berdampak Cegah Cedera Saat Olahraga

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Sabtu, 04/03/2017 15:20 WIB
Peregangan Tak Berdampak Cegah Cedera Saat OlahragaFoto: thinkstock
Jakarta, Sebelum berolahraga, ada baiknya dilakukan peregangan agar tubuh tidak terasa kaku. Peregangan juga dibutuhkan karena dapat mencegah cedera. Namun seorang pakar meminta tak percaya dengan hal ini.

Peneliti dari Neuroscience Research Australia, Prof Rob Herbert mengatakan bahwa peregangan, pemanasan dan pendinginan efektif dalam mengurangi risiko cedera.

Dua dari studi yang dilakukan Herbert melibatkan lebih dari 1.000 orang. Dari studi itu hanya terjadi sedikit penurunan risiko cedera pada mereka yang melakukan peregangan sebelum berolahraga, bahkan beberapa di antaranya tidak merasakan penurunan sama sekali.

Herbert lantas melakukan studi yang lebih besar dengan melibatkan 2.300 orang di Norwegia, di mana orang-orangnya terbiasa melakukan peregangan selepas berolahraga.

Kemudian ia membandingkannya dengan melakukan percobaan di Australia, di mana kebiasaan peregangan dilakukan sebelum latihan fisik.

Hasilnya juga tak jauh berbeda. Meskipun demikian, ada potensi penurunan efek cedera yang ditemukan, seperti untuk cedera ligamen, cedera otot, keseleo dan terkilir.

Baca juga: Menkes Anjurkan 3 Menit Peregangan Fisik Saat di Kantor

"Kalaupun peregangan dirasakan dapat mengurangi gejala cedera-cedera itu, ya hanya sedikit sekali efeknya," kata Herbert seperti dilaporkan ABC Australia.

Di sisi lain, bila ditotal, seseorang yang gemar melakukan peregangan harus melakukannya selama rata-rata 5-6 tahun untuk merasakan manfaat pencegahan cedera.

Selain tidak mencegah cedera, peregangan juga dikatakan tidak membuat Anda lebih fleksibel saat berolahraga. Bukti terbaru menunjukkan peregangan tidak berpengaruh terhadap performa olahraga seseorang.

"Ini kami kembalikan kepada Anda. Bagi yang suka, mereka bisa berpikir latihan ini tidak lantas meredakan rasa sakit atau mencegah cedera pada diri mereka. Tapi bagi yang tidak suka, mereka bisa lebih leluasa berlatih, walaupun risiko cedera selalu ada," tutup Herbert.

Baca juga: Cegah Keseleo, Jangan Sepelekan Pemanasan Sebelum Olahraga(lll/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit