detikhealth

Ini Alasannya Orang dengan Gangguan Bipolar Perlu Diberi Penanganan

Nurvita Indarini - detikHealth
Minggu, 05/03/2017 06:51 WIB
Ini Alasannya Orang dengan Gangguan Bipolar Perlu Diberi PenangananIlustrasi gangguan bipolar (Foto: thinkstock)
Jakarta, Jika ada kerabat yang memiliki perubahan suasana hati sangat ekstrem, sebaiknya diajak menemui psikiater. Mungkin yang bersangkutan memiliki gangguan bipolar. Gangguan ini memang sebaiknya tidak didiamkan.

"Pada orang dengan gangguan bipolar, sering kali emosi tidak terkontrol. Bagus kalau mereka ketemu orang baik, tapi sering juga ada yang malah drug abuse. Nah itu yang kita cegah," ujar dr Engelbertha, SpKJ dari RS Dharmawangsa Jakarta Selatan, dalam peringatan Hari Bipolar Sedunia di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu (4/3/2017).

Baca juga: Ketika Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Bicara Soal Gangguan Jiwa

dr Engelbertha menjelaskan bipolar merupakan gangguan mood. Dalam gangguan mood ini, bisa juga yang bersangkutan memiliki gangguan kecemasan. Pada saat orang dengan bipolar dalam fase mania, yang bersangkutan bisa saja tampak senang dan penuh ide. Akan tetapi ketika sedang depresi, bisa jadi ada keinginan menyakiti diri sendiri dan bahkan ingin atau berusaha untuk bunuh diri.

"Orang dengan bipolar butuh support banget. Mereka perlu terapi dan rangkulan," imbuh dokter berkacamata ini.

dr Engelbertha menambahkan orang dengan gangguan bipolar tidak boleh terlalu gembira atau sedih. Suatu kali dia mendapati pasien yang karena terlalu gembira mendapat THR, gangguannya kambuh. Pasien lainnya juga mengalami kekambuhan saat mendapat pengumuman dirinya diterima kerja.

"Dengan mood stabilizer, mood yang terlalu tinggi diturunkan dan yang terlalu rendah dinaikkan. Itu makanya orang dengan bipolar perlu minum obat ini," sambung dr Engelbertha.

Obat ini diminum setiap hari. Pada beberapa pasien, setelah beberapa waktu bahkan tidak perlu minum obat lagi.

Baca juga: Perjuangan 'Princess Leia' Melawan Stigma Pada Pasien Gangguan Bipolar

(vit/vit)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit