detikhealth

Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi

Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
https://pranikah.org/

Sulit Mempercayai Tunangan karena Takut Dikhianati Lagi

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 08/03/2017 19:21 WIB
Sulit Mempercayai Tunangan karena Takut Dikhianati LagiFoto: Thinkstock
Jakarta, Saya sudah bertunangan sekarang dan akan segera menikah tinggal hitungan minggu. Ada beberapa hal yang masih membuat saya ragu untuk menikah, karena kepercayaan saya kepada calon istri saya sudah menghilang ketika pacaran.

Hal itu terjadi akibat dia pernah selingkuh dengan pria lain dan sering saya pergoki hingga lima kali. Dan saya sudah memberikan maaf agar dia bisa berubah, hingga akhirnya kami putuskan untuk bertunangan setelah hubungan 3 tahun. Tetapi luka masa lalu masih membayangi saya dan saya selalu curiga kepada dia.

Tetapi kecurigaan saya hanya karena tingkah laku tanpa ada bukti lain. Dan saya ragu apakah calon istri saya tidak pernah berhubungan intim dengan pria lain. Mohon pencerahannya agar saya bisa menerima keputusan dengan baik karena kepercayaan saya terhadap dia sudah menghilang. Terimakasih sebelumnya.

Jack (Laki-laki, 24 tahun)

Jawaban

Dear Mas Jack,

Berselingkuh sebelum menikah bisa berarti pasangan akan kesulitan untuk menjaga komitmen setelah menikah nantinya. Di sisi lain, bisa juga dia justru belajar untuk lebih bisa menjaga komitmen dan tidak akan melakukannya saat menikah kelak.

Jika Anda memang bisa ikhlas memaafkan dan pasangan memiliki komitmen untuk tidak mengulangi, kesempatan untuk membangun rumah tangga yang bahagia juga menjadi lebih besar. Yang perlu dilakukan sekarang adalah bagaimana kalian berdua saling belajar dari perselingkuhan yang telah terjadi. Tidak jarang perselingkuhan bisa membuat permasalahan dan kebutuhan-kebutuhan yang sebelumnya tidak disadari malah bisa dibahas, dipelajari dan ditindaklanjuti.

Jika Anda masih sakit hati dan sulit percaya, maka kemungkinan perilaku Anda juga akan berubah. Beberapa diantaranya adalah tetap curiga, padahal pasangan sudah berusaha untuk berubah, akhirnya pasangan sakit hati karena usaha memperbaiki diri tidak dihargai. Ada juga yang jadi malas mencintai pasangan sepenuh hati karena 'takut' dikhianati lagi. Hal-hal tersebut biasanya akan membuat pasangan merasa tidak dipercaya, dan Anda sendiri akan kehabisan energi untuk curiga dan menambah permasalahan kalian berdua.

Jika ternyata Anda masih sulit untuk menerima, sebaiknya pertimbangkan kembali rencana pernikahan tersebut atau lakukan konseling Pranikah. Paling tidak, kalian berdua dapat memetakan permasalahan yang ada dalam hubungan, potensi konflik saat menikah, serta bagaimana mengatasinya. Jika Anda memutuskan untuk tetap menikah, tidak ada salahnya juga kok untuk tetap melakukan konsultasi. Semakin cepat ditangani, semakin besar juga kesempatan untuk menikmati kehidupan pernikahan yang bahagia.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
https://pranikah.org/(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit