Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Jika Tak Ditangani, Batu Ginjal Bisa Picu Kerusakan pada Ginjal

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Kamis, 09/03/2017 10:33 WIB
Jika Tak Ditangani, Batu Ginjal Bisa Picu Kerusakan pada GinjalFoto: Thinkstock
Jakarta, Batu ginjal sering dianggap sebagian orang sebagai masalah yang sepele. Namun saat batu ginjal dibiarkan sehingga tak diatasi, justru dapat memicu kerusakan pada ginjal.

Menurut dr Ginova Nainggolan, SpD-KGH dari RS Cipto Mangunkusumo, batu ginjal dapat memicu gagal ginjal karena ketika dibiarkan alias tak ditangani, lambat laun batu ginjal bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

"Biasanya karena batu ginjal berukuran kecil jadi beberapa orang ada yang nggak merasakan. Biasanya itu batu ginjal nggak diatasi hingga bertahun-tahun. Makanya check up kalau ada masalah biar kelihatan," kata dr Ginova.

dr Ginova menjelaskan, batu ginjal merupakan penyakit infeksi di mana urine mengental dan menjadi batu sehingga menyebabkan sumbatan pada ginjal. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya gangguan metabolisme.

"Ada gangguan metabolisme seperti kandungan kalsium yang tinggi dalam urine. Itu biasanya karena kurang minum sehingga urine kental dan mengendap," tutur dr Ginova di sela-sela acara peringatan Hari Ginjal Sedunia oleh International Society of Nephrology dan International Federation of Kidney Foundation di Hotel Hermitage, Jalan Cilacap, Menteng, Rabu (8/3/2017).

Baca juga: Pernah Kena Batu Ginjal? Waspadai Juga Risiko Penyakit Jantung

"Selain karena minum sedikit batu ginjal bisa juga terjadi karena bekerja di tempat panas lalu banyak berkeringat dan jarang minum. Sehingga kencing sedikit karena menjadi kental," sambung dr Ginova.

Untuk penanganan batu ginjal, dikatakan dr Ginova tergantun dari ukuran batu ginjal. Jika ukuran batu ginjal besar maka tindakan yang dilakukan adalah operasi. "Penanganan kalau batu ginjal (ukurannya) kecil, bisa keluar secara spontan," pungkas dr Ginova.

Baca juga: Batu Ginjal 1,5 Kg Berhasil Dikeluarkan dari Tubuh Pria Vietnam Ini

(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit