detikhealth

Air Kencing Seperti Teh dan Berbusa, Tanda Ginjal Bermasalah?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 09/03/2017 14:07 WIB
Air Kencing Seperti Teh dan Berbusa, Tanda Ginjal Bermasalah?Foto: Thinkstock
Jakarta, Ketika Anda masuk toilet dan berkemih, tentu Anda pernah melihat air kencing Anda berwarna kuning matang seperti teh disertai dengan buih atau busa. Anda penasaran bukan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Sebab air kencing ditengarai bisa memroyeksikan kesehatan seseorang.

Berkemih merupakan proses normal untuk membuang hasil sekresi tubuh yang disaring oleh ginjal kemudian menjadi cairan yang disebut urine atau air seni.

dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU dari RS Mayapada Lebak Bulus menjelaskan apabila muncul busa dan warna seperti teh ketika buang air kecil berarti menunjukkan sedikitnya cairan di dalam tubuh.

"Warna teh pada urine disertai dengan busa bisa disebabkan oleh kurang minum air putih atau dalam kondisi dehidrasi ringan", kata dr Akbari pada live chat 'Ginjal dan Permasalahannya' di markas detikcom, Jl Warung Jati Barat Raya, Jakarta Selatan, Rabu (8/3/2017).

Baca juga: Ini Ciri Urine Orang yang Ginjalnya Bermasalah

Nah maka itu, dr Akbari menganjurkan untuk menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi air putih yang cukup. Selain itu tentunya dengan tidak menunda-nunda ke toilet saat terasa ingin kencing agar ginjal senantiasa berfungsi dengan baik.

"Minum air putih yang banyak, 2 liter per hari dan makan banyak mengandung sayur dan buah. Simpel saja ya kan," terangnya.

Perubahan warna kencing juga menunjukkan alasan lain, salah satunya seperti gagal ginjal. Namun gejala yang muncul akibat gangguan ini sangat minim, artinya gejala yang muncul baru ada bila terjadi gagal ginjal.

Adapun ciri-ciri atau tanda-tanda yang dapat kita rasakan ialah berupa kulit gatal, badan lemas, tidak nafsu makan, kaki bengkak, dan seluruh badan bengkak.

"Untuk mengetahui gangguan ginjal yang minimal harus diperiksa darah dan rontgen. Jadi sebaiknya check up yang teratur ya," pesan pria berkacamata ini.

Baca juga: Faktor-faktor yang Memengaruhi Sering Tidaknya Seseorang Buang Air Kecil

Sementara itu beberapa waktu lalu, dr Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH, konsultan ginjal dan hipertensi dari PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia) menuturkan pipis berbuih bisa menandakan kalau proteinnya banyak atau disebut proteinuria. Ini merupakan salah satu faktor risiko gangguan fungsi ginjal. Hati-hati, gangguan fungsi ginjal yang sudah disertai dengan proteinuria pada umumnya sudah tidak bisa dipulihkan lagi.(hrn/vit)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit