detikhealth

Mau Awet Muda? Olahraga Seperti Ini Paling Dianjurkan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 10/03/2017 08:04 WIB
Mau Awet Muda? Olahraga Seperti Ini Paling DianjurkanFoto: thinkstock
Jakarta, Jenis olahraga apapun sebenarnya punya manfaat bagi kesehatan, selama dilakukan secara rutin dan terukur. Namun dalam kaitannya dengan proses penuaan, jenis olahraga tertentu punya manfaat lebih dibanding yang lain.

High Intensity Interval Training (HIIT) atau latihan interval dengan intensitas tinggi, dalam sebuah penelitian terbaru diklaim paling ampuh memperlambat proses penuaan. Penelitian tersebut dimuat di jurnal Cell Metabolism.

Dalam penelitian tersebut, HIIT terbukti meningkatkan kemampuan mitokondria untuk menghasilkan energi 69 persen lebih banyak pada partisipan lanjut usia. Sedangkan pada partisipan muda, latihan ini meningkatkan produksi energi pada mitokondria hingga 49 persen lebih banyak.

Mitokondria merupakan bagian sel yang menyuplai energi untuk beraktivitas. Normalnya, aktivitas mitokondria akan berkurang seiring bertambahnya usia seseorang.

Selain menemukan peningkatan metabolisme energi dalam mitokondria, para ilmuwan juga mendapati peningkatan fungsi paru-paru pada partisipan yang melakukan HIIT. Misalnya pada kelompok partisipan berusia muda, jumlah oksigen yang bisa ditampung meningkat hingga 28 persen.

Baca juga: Butuh Jalan Kaki Sejauh Ini untuk Imbangi Risiko Duduk Terlalu Lama

Idealnya, olahraga yang bervariasi lebih dianjurkan jika tujuannya adalah untuk menjaga kebugaran. Ini diakui juga oleh sang peneliti, Dr Sreekumaran Nair dari Mayo Clinic di Rochester.

"Jika harus memilih satu olahraga, saya menganjurkan high intensity interval training, tapi saya pikir akan lebih bermanfaat kalau mereka melakukan HIIT 3-4 kali dan diselingi strength training (latihan otot)," katanya, dikutip dari Newscientist.

Baca juga: Efek Minum Kopi Sebelum Olahraga Menurut Ahli Gizi (up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit