detikhealth

Dengar Lullaby Sejak di Rahim, Bayi Baru Lahir Lebih Mudah Tenang

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Jumat, 10/03/2017 11:35 WIB
Dengar Lullaby Sejak di Rahim, Bayi Baru Lahir Lebih Mudah TenangFoto: thinkstock
Jakarta, Jika Ibu sering bernyanyi untuk si kecil di kandungan, tak ada salahnya Anda menyanyikan lullaby atau ninabobo. Sebab, studi menunjukkan bayi yang di dalam rahim dan setelah lahir didengarkan ninabobo atau lagu pengantar tidur, ia cenderung lebih mudah tenang dan lebih cepat berhenti menangis.

Adalah studi yang dipublikasi di Australian College of Midwife dan dilakukan oleh peneliti di The University of Milan. Untuk studi tersebut, dilibatkan 170 wanita dari kelas antenatal yang sedang hamil 24 minggu. Responden dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, mereka yang menyanyikan lullaby selama 3 bulan dari sisa masa kehamilan mereka, sementara kelompok kedua tak menyanyikan lullaby.

Efek lullaby yang dinyanyikan dilihat dari tiga aspek yakni bonding, perilaku si bayi baru lahir, dan stres ibu setelah melahirkan. Ditemukan, bayi yang dinyanyikan lullaby menghabiskan waktu 18,5 persen untuk menangis. Jumlah ini lebih sedikit dibanding bayi yang tak dinyanyikan lullaby menghabiskan waktu 28,2 persen untuk menangis.

"Kolik infantil juga lebih sedikit pada bayi yang dinyanyikan lullaby. Bahkan, efek ini masih terjadi setelah bulan kedua mereka lahir," kata peneliti dalam laporannya, dan dikutip dari Essential Baby.

Baca juga: Aih! Bahagianya Bayi Ini Saat Dengar Suara Orang Tuanya Pertama Kali

Melalui pengukuran Mother-to-Infant Bonding Scale (MIBS) ditemukan juga bonding pasca melahirkan antara ibu dan bayi lebih besar pada kelompok bayi yang dinyanyikan lullaby. Kemudian, ibu yang menyanyikan lullaby melaporkan mengalami stres pasca melahirkan lebih sedikit.

"Kami menyimpulkan lullaby yang dinyanyikan ibu saat mengandung bisa memperbaiki kualitas bonding ibu dan anak pasca kelahiran si bayi, juga punya efek positif pada perilaku bayi dan stres pasca melahirkan," kata peneliti.

Di tahun 2013, sebuah studi menunjukkan bayi yang didengarkan lullaby saat di rahim bisa memgingat nyanyian itu bahkan 3 bulan setelah mereka lahir. Kondisi ini yang disebut peneliti dengan 'pre-conscious learning'.

"Orang tua bisa menyanyikan lagu seperti 'Twinkle Twinkle Little Star'. Kemudian memakai lagu yang sama untuk menenangkan bayi yang menangis. Bernyanyi melodi yang sama bisa menenangkan bayi karena mereka ingat dengan saat-saat ketika berada di rahim. Apalagi, suara ibu adalah suara yang paling menonjol di rahim," kata salah satu penulis studi, Eino Partanen kepada Washington Post.

Baca juga: Perempuan-perempuan Ini Pernah Mengandung 'Mumi' Bayi

(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit