detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Dua Tahun Sperma Tidak Keluar, Mengapa?

Jumat, 10/03/2017 18:19 WIB
Dua Tahun Sperma Tidak Keluar, Mengapa?Foto: thinkstock
Sudah dua tahun setiap berhubungan, sperma saya tidak keluar. Selain itu, ereksinya susah. Paling satu minggu sampai dua minggu sekali berhubungan, bagaimana cara mengatasinya?

R (Laki-laki, 28 tahun)

Jawaban

Bila 2 tahun sebelumnya gejala yang Anda alami tidak ada, besar kemungkinan Anda mengalami ejakulasi terhambat (ET) yang sekunder.
Penyebabnya bisa karena faktor fisik, misalnya gangguan ganglion saraf simpatik di daerah tulang pinggang, karena obat-obat tertentu yang mengganggu saraf simpatik (butyrophenones, sedative-agents). Faktor psikis, adalah penyebab paling sering, misalnya sedang galau, stress berat.

Prioritas utama, penis harus mampu ereksi dulu secara optimal, barulah bisa terjadi ejakulasi. Dianjurkan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi untuk memastikan penyebab dan menentukan pengobatannya.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit