Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Pria Ini Dapat Penghargaan karena Beri Ibu Hamil Tempat Duduk di Kereta

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Minggu, 12/03/2017 08:10 WIB
Pria Ini Dapat Penghargaan karena Beri Ibu Hamil Tempat Duduk di KeretaFoto: Instagram / helloyvonnelin
Jakarta, Penghargaan berupa trofi umumnya diberi karena seseorang berprestasi. Tapi, bagaimana jika trofi itu diberi pada orang yang mau memberi tempat duduknya di angkutan umum untuk ibu hamil?

Ya, itulah yang dilakukan seniman bernama Yvonne Lin. Saat hamil anak pertamanya, Lin mengatakan ia selalu diberi tempat duduk di kereta oleh sesama penumpang wanita. Belum pernah Lin diberi tempat duduk oleh penumpang pria.

Hingga di kehamilan keduanya. Lin punya ide membuat sebuah trofi yang ia bawa setiap hari di tasnya. Trofi itu rencananya akan diberikan Lin pada pria pertama yang memberinya tempat duduk saat di angkutan umum.

"Saya anggap ini sebagai eksperimen sosial. Saya hanya mau melihat berapa lama waktu yang saya butuhnya sampai akhirnya saya bisa memberi penghargaan ini untuk pria yang rela memberi tempat duduknya di angkutan umum," kata Lin.

Hingga pada 24 Februari lalu, Lin akhirnya menemukan penumpang pria yang mau memberi tempat duduknya. Setelah memberi trofi itu, Lin sempat pula memotret si pria yang diketahui juga seorang ayah.

Baca juga: Olahraga Seperti Ini Dianjurkan untuk Ibu Hamil

"#1 Decent Dude. Pria pertama yang memberi tempat duduk di kereta kepada wanita hamil selama dua kehamilannya," demikian tulisan di trofi buatan Lin yang berwarna emas dan berbentuk seorang pria seakan sedang menarik pakaiannya yang berwarna silver.

Foto si pria dengan trofi buatan Lin mendapat lebih dari 1.100 likes. Dalam keterangan foto. Lin menuliskan ia sedang hamil 8 bulan dan ia sempat berpikir bahwa memang pria menyebalkan. Sebab,d ia tidak pernah sekalipun mendapat tempat duduk yang diberikan seorang pria sejak kehamilan pertamanya.

"Untuk itu pada kehamilan kedua, saya membuat trofi ini dan membawanya setiap hari. Dan pada hari jumat, pria inilah pemenangnya," kata Lin.

Berbicara soal tempat duduk di angkutan umum, memang ada bangku prioritas salah satunya untuk ibu hamil. dr Hari Nugroho SpOG dari Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan memang sudah seharusnya ibu hamil mendapat prioritas saat naik angkutan umum seperti kereta dan bus.

"Ibu hamil itu nggak boleh berdiri terlalu lama karena akan meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur akibat tekanan pada mulut rahim yang disebabkan oleh gravitasi saat dia berdiri," terang dr Hari.

dr Hari menjelaskan, proses kelahiran terjadi ketika rahim turun sehingga menimbulkan tekanan dan membuka leher rahim. Nah, jika terlalu lama berdiri, beban kehamilan akan membuka leher rahim sehingga proporsi untuk keguguran atau kelahiran prematur lebih tinggi.

Alasan lain mengapa ibu hamil harus mendapat bangku prioritas karena beban kerja jantungnya lebih tinggi sebab ia harus memompa cairan ke seluruh tubuh lebih banyak. Lebih lanjut, dr Hari menjelaskan pada posisi berdiri, akan lebih banyak darah yang turun ke bagian bawah tubuh sehingga aliran darah tidak terlalu optimal untuk janin di rahim.

"Orang hamil itu kan ibaratnya menghidupi dua orang, jadi butuh life supprot 24 jam untuk rahimnya. Vitalitas tubuh ibu hamil juga lebih rendah dari orang tidak hamil," kata dr Hari.

Baca juga: Sudahkah Anda Memberikan Tempat Duduk untuk Ibu Hamil di Kendaraan Umum?(rdn/vit)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit