Hari Anak Nasional

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Mengapa Istri Jadi Sulit Orgasme Setelah Melahirkan Dok?

Senin, 13/03/2017 18:15 WIB
Mengapa Istri Jadi Sulit Orgasme Setelah Melahirkan Dok?Foto: ilustrasi/thinkstock
Dok saya mau bertanya. Saya sudah menikah, kurang lebih usia pernikahan dua tahun dan alhamdulillah sudah dikasih putri dengan usia 1,5 tahun.

Yang mau saya tanyakan, kenapa setiap berhubungan intim istri tidak pernah merasakan orgasme? Padahal sebelum melahirkan istri saya pasti mengalami orgasme dan durasi bercintanya pun cukup lama. Hanya saja foreplaynya cuma sebentar.

Itu kenapa ya Dok? Apa karena istri memakai KB (keluarga berencana) suntik yang satu bulan, atau kecapekan mengurusi anak? Terimakasih Dok.

Mr A (Laki-laki, 27 tahun)

Jawaban

Puncak kenikmatan seksual (orgasme) baru bisa dicapai bila tubuh secara fisik dan psikis dalam kondisi bugar. Bila tengah menderita sakit atau pikiran sedang galau karena kesibukan (repot urus anak) atau stres, orgasme akan sukar dicapai. Juga obat-obatan yang dikonsumsi bisa juga menimbulkan efek samping penurunan libido hingga sukar orgasme.

Pada istri Anda, kemungkinan efek samping injeksi KB bulanan, bisa memicu penurunan libido hingga sukar orgasme. Disarankan, Anda membawa istri Anda ke dokter spesialis kebidanan untuk berkonsultasi.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit