detikhealth

Bincang Sehat

Video: Tips Meredakan Kesemutan dan Saran Dokter Jika Malah Makin Parah

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 14/03/2017 11:35 WIB
Video: Tips Meredakan Kesemutan dan Saran Dokter Jika Malah Makin ParahFoto: 20detik
Jakarta, Walau sering dianggap remeh, kesemutan yang tidak hilang-hilang sangat mengganggu kenyamanan. Bahkan jika keluhan tersebut semakin parah, bukan tidak mungkin menjadi pertanda adanya masalah serius pada sistem saraf.

Menurut dr Frandy Susatia, SpS dari RS Siloam Kebon Jeruk, kesemutan umumnya menandakan adanya masalah pada saraf atau gangguan vaskular. Adanya saraf yang terjepit atau aliran darah yang tidak lancar, bisa menjadi pemicunya.

"Jika memang karena ada saraf terjepit, bisa kita goyang-goyangkan agar darahnya lebih jalan," saran dr Frandy dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.

Video: Tips Meredakan Kesemutan dan Saran Dokter Jika Malah Makin ParahFoto: 20detik


Video: Terserang Stroke Ringan, Bisakah Sembuh Total?

Biasanya, keluhan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun dalam kondisi tertentu, kesemutan bisa tidak hilang-hilang dan bahkan permanen. Kesemutan yang seperti ini, menurut dr Frandy sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter spesialis saraf.

"Kadang-kadang disertai rasa baal atau tidak berasa sama sekali. Ini pertanda bahwa kesemutan merupakan pertanda gangguan saraf yang berat," katanya.

Lalu apa saja yang perlu diketahui tentang kesemutan? Dalam video Bincang Sehat berikut ini, dr Frandy akan mengupasnya sampai tuntas.




Baca juga: Masih Percaya Tusuk Jari Bisa Mengatasi Stroke? Simak Videonya di Sini(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit