Hari Anak Nasional

Artikel 18+

Peneliti Buktikan Pria yang Disunat Paling Puas Bercinta

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Rabu, 15/03/2017 10:03 WIB
Peneliti Buktikan Pria yang Disunat Paling Puas BercintaFoto: Thinkstock
Jakarta, Tingkat kepuasan bercinta setiap pria ditentukan oleh berbagai hal, dan ini bisa berbeda untuk masing-masing orang.

Namun penelitian terbaru mengungkap pria yang sudah pernah disirkumsisi atau disunat adalah mereka yang paling merasakan kepuasan bercinta lho.

Hal ini dibuktikan oleh tim peneliti dari University of Chicago dengan melakukan survei terhadap 362 pria dalam kurun 6-24 bulan pasca disirkumsisi. Masing-masing ditanya tentang kepuasan seksual, fungsi organ reproduksi mereka di atas ranjang serta risiko cedera sepanjang berhubungan.

Tak disangka, 98 persen responden mengaku lebih 'bahagia' setelah disunat. Tak terkecuali pasangan mereka. 95 persen responden mengungkapkan, pasangannya juga merasakan kepuasan yang sama.

"Ini karena prosedur tersebut terbukti meningkatkan kepuasan dan fungsi seksual mereka," kata peneliti seperti dilaporkan The Sun.

67 Persen responden pun mengaku lebih menikmati hubungan seks setelah disunat ketimbang sebelumnya. Bahkan sebagian responden melapor mereka memiliki lebih banyak pasangan seks setelah menjalani prosedur tersebut.

Selain itu, sirkumsisi juga terbukti menurunkan risiko cedera pada kemaluan mereka.

Baca juga: Mr P yang Disunat Vs Tidak Disunat, Apa Saja Untung Ruginya? http://health.detik.com/read/2016/11/10/092852/3341825/1390/mr-p-yang-disunat-vs-tidak-disunat-apa-saja-untung-ruginya

Di Barat sendiri, prosedur ini masih mengundang kontroversi. Namun temuan peneliti yang dipublikasikan Journal of Sexual Medicine ini pun menambah panjang daftar manfaat sirkumsisi bagi kehidupan seksual pria, di antaranya:

1. Tahan lama
Sebuah studi di tahun 2014 menyebut pria yang disunat rata-rata bisa bertahan di atas ranjang 20 detik lebih lama ketimbang yang tidak. Menurut peneliti, ejakulasi pria yang disunat bisa tahan lama karena prosedur ini menurunkan tingkat kepekaan Mr P mereka.

2. Menambah kepuasan pasangan
Selain menambah kepuasan, pria yang disunat juga dapat meningkatkan kesehatan seksual pasangan mereka. Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2011 mengungkap, pria yang disunat berpeluang lebih kecil untuk mengidap infeksi HPV, sehingga peluang tertular ke pasangannya juga menurun. Pasangan juga lebih suka suaminya disunat karena kemaluannya menjadi lebih bersih.

3. Mengurangi risiko penularan penyakit kelamin
Penelitian yang dilakukan di Uganda pada tahun 2009 mengungkap, pria yang disunat berisiko 25 persen lebih rendah untuk mengidap herpes kelamin dan 35 persen lebih rendah untuk HPV, virus yang dikaitkan dengan kutil kelamin, kanker, hingga HIV.

Baca juga: Metode Sunat Ini Paling Disarankan untuk Pria Dewasa(lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit