detikhealth

Diet yang Dianjurkan untuk Pria Agar Sperma Jadi Berkualitas

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 15/03/2017 12:37 WIB
Diet yang Dianjurkan untuk Pria Agar Sperma Jadi BerkualitasFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Bagi pria, kualitas dan kuantitas sperma merupakan hal yang penting untuk dijaga. Nah, selain dengan berolahraga, hal ini juga bisa didapat dengan menerapkan diet sehat lho.

Ya, studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Rovira i Virgili University, Tarragona, menemukan bahwa ada kaitan antara nutrisi dengan kesehatan dan kualitas sperma.

Dikutip dari Daily Mail, pria yang ingin menjaga kesuburannya sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi daging ikan, daging ayam, sayuran, buah, serta produk susu rendah lemak. Sebaliknya, pria sebaiknya menghindari asupan berlebih dari daging olahan, kentang, keju dan minuman beralkohol.

Baca juga: Makan Taoge Bikin Sperma Tokcer, Benar Tidak Ya?

Menurut tim peneliti, diet yang kaya akan asam lemak omega-3, zinc dan vitamin D dapat membantu menjaga produksi sperma. Selain itu, kualitas dan kuantitas sperma juga diketahui bisa dibantu dengan konsumsi vitamin E, vitamin C, selenium dan folat.

Sementara itu, diet tinggi akan asupan alkohol, kafein, daging merah dan daging olahan justru dapat memberikan efek negatif bagi kesuburan pria atau wanita. Penerapan diet sehat pun diharapkan bisa menjadi salah satu solusi sederhana bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki keturunan.

"Kita harus berhati-hati melihat bagaimana pria menjalani hidupnya," kata ahli biologi reproduksi Sarah Kimmins dari McGill University.

"Paparan-paparan lingkungan terekam dalam sperma dan menurun ke anak. Jika seorang pria menjalani gaya hidup tak sehat, buruk, dia tak hanya memengaruhi kesehatannya tapi juga keturunannya kelak," pungkas Kimmins seperti dikutip dari Medical Today.

Baca juga: Kebanyakan Makan Daging Olahan, Kesuburan Pria Bisa 'Drop'

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit