Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Awas Keliru, Kata Pakar Kebiasaan 'Sehat' Ini Justru Bisa Bikin Gemuk

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 15/03/2017 15:34 WIB
Awas Keliru, Kata Pakar Kebiasaan Sehat Ini Justru Bisa Bikin GemukFoto: thinkstock
Jakarta, Untuk menurunkan berat badan, banyak orang kemudian mencoba menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat. Namun demikian, sebagian juga masih sering keliru.

Seperti disampaikan oleh nutrisionis sekaligus penulis 'What's Eating You?', Kathleen Alleaume, saat seseorang sedang ingin menurunkan berat badan seringkali hal pertama yang dilakukan adalah langsung memangkas asupan karbohidrat dan mengganti makanan padat dengan jus. Menurut Alleaume, hal ini jika dilakukan berlebihan justru bisa menimbulkan efek sebaliknya.

"Mengganti makanan padat dengan jus dalam jangka panjang dapat membuat Anda kekurangan nutrisi penting. Anda juga cenderung jadi mengonsumsi gula berlebihan. Terlebih jika Anda membuat jus dengan tambahan pemanis. Kebiasaan ini malah bisa membuat asupan kalori Anda jadi berlebihan," imbuhnya, seperti dikutip dari Body and Soul.

Baca juga: Sudah Olahraga Kok Perut Masih Buncit Ya? Mungkin Ini Penyebabnya

Sementara mengurangi secara drastis asupan karbohidrat dikatakan oleh Alleaume dapat membuat tubuh lemas dan menjadi lebih lapar di waktu makan berikutnya. Sama seperti lemak dan protein, karbohidrat juga merupakan bagian penting dari diet seimbang dan sumber bahan bakar tubuh Anda.

Untuk bisa menurunkan berat badan, kunci tepatnya adalah dengan memilih sumber karbohidrat yang tepat. Pilihlah sumber karbo dengan indeks glikemik rendah dan tinggi serat seperti gandum, kacang-kacangan dan beras merah. Selain kaya nutrisi, asupan ini juga mampu membuat Anda kenyang lebih lama.

"Kebiasaan 'sehat' lain yang keliru adalah mengonsumsi banyak-banyak makanan rendah lemak. Sayangnya makanan rendah lemak yang dijual seringkali dikemas dengan pati halus dan gula untuk mengompensasi kurangnya rasa, sehingga membuat Anda ketagihan," ujar Alleaume.

Dibandingkan dengan membeli produk rendah lemak dalam jangka panjang, ia lebih menganjurkan Anda untuk menyediakan camilan dengan sumber lemak tepat seperti apel dengan selai kacang, almond dengan yoghurt, atau oat dan alpukat.

Baca juga: Konsumsi Buah Bagusnya Mentah, Dijus, Atau Diblender?

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit