detikhealth

Rajin Masak dan Jarang Makan di Luar Terbukti Bikin Tubuh Lebih Langsing

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 16/03/2017 13:34 WIB
Rajin Masak dan Jarang Makan di Luar Terbukti Bikin Tubuh Lebih LangsingFoto: Thinkstock
Jakarta, Jika saat ini Anda tengah dalam program penurunan berat badan, sediakan waktu lebih banyak untuk memasak di rumah. Studi ungkap kebiasaan masak sendiri dan menghindari makan di restoran bantu sehatkan tubuh.

Ya, para peneliti dari University of Washington menyebutkan bahwa orang yang terbiasa masak, termasuk membawa bekal sendiri untuk makan saat di kantor, cenderung lebih sehat dan memiliki berat badan yang lebih terkontrol.

Diyakini memasak sendiri di rumah memungkinkan orang untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, serta terhindari dari pilihan gula, garam dan penguat rasa berlebih yang umumnya ada pada makanan restoran. Selain itu, pilihan bahan makanan di rumah juga lebih terbatas sehingga Anda tidak akan makan berlebihan.

Baca juga: Makna di Balik Anjuran 'Minumlah Air Putih Saat Bangun Tidur'

Penulis studi ini, Prof Adam Drewnowski, juga menyebutkan bahwa dengan memasak lebih sering di rumah, Anda memiliki pola makan yang lebih baik. Menurutnya, Anda tentu akan memilih bahan makanan terbaik dengan takaran gula dan garam yang lebih terkontrol pula.

"Sementara jika Anda makan di luar rumah, Anda cenderung akan memilih lebih banyak pilihan menu, dengan komposisi yang tidak diketahui pasti," imbuh Prof Drewnowski, seperti dikutip dari Daily Mail.

Dalam studi ini, ia mengamati data indeks kebiasaan makan pada 437 orang dewasa di Amerika Serikat. Setelah dibandingkan, peserta yang terbiasa makan masakan rumahan cenderung memiliki poin diet sehat yang lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang lebih sering makan di restoran.

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal The American Journal of Preventive Medicine.

Baca juga: Diet yang Dianjurkan untuk Pria Agar Sperma Jadi Berkualitas


(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close