detikhealth

Tak Perlu Tunggu Weekend, Sempatkan Olahraga di Sela-sela Kerja

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 17/03/2017 12:05 WIB
Tak Perlu Tunggu Weekend, Sempatkan Olahraga di Sela-sela KerjaFoto: thinkstock
Jakarta, Sibuk dan tidak punya waktu sering jadi alasan untuk menunda olahraga. Ujung-ujungnya, sebagian orang merasa perlu 'dihajar' dengan olahraga habis-habisan pada akhir pekan.

Pola olahraga seperti ini, meski tetap ada manfaatnya dibanding tidak olahraga sama sekali, sebenarnya tidak terlalu dianjurkan. Menurut dr Sapto Adji Hardhosworo, SpOT dari RS Premier Bintaro, pola tersebut tidak mampu mencegah dampak negatif dari terlalu banyak duduk.

"Tidak bisa olahraganya dikumpulkan hanya pada akhir pekan. Harus pintar menyempatkan diri di sela-sela pekerjaan," tegas dr Sapto, ditemui di Hotel The Sultan Jakarta Selatan baru-baru ini.

Menurut dr Sapto, duduk terlalu lama saat bekerja memberikan dampak buruk pada sistem muskoskeletal. Sekitar 51 persen pekerja kantoran merasakan nyeri pada leher, lengan dan pinggang dan akhirnya mengalami penurunan performa dan produktivitas saat bekerja.

Olahraga secara teratur, menurutnya bisa mengurangi dampak tersebut. Jenis olahraga yang paling mudah dikerjakan namun cukup efektif untuk mengurangi gangguan muskoskeletal adalah peregangan atau stretching.

"Dianjurkan tiap 2 jam sekali, berdiri dan melakukan peregangan," saran dr Sapto.

Baca juga: Walau Tak Maksimal, Olahraga Hanya di Akhir Pekan Tetap Bermanfaat

Jenis olahraga lain yang juga perlu dilakukan adalah strength training, yang fungsinya melatih kekuatan otot. Ketika duduk, kekuatan otot terutama di bagian core yang meliputi perut dan punggung, sangat berguna untuk menopang tulang belakang dan menjaga postur ideal.

Terakhir, yang tidak boleh dilupakan adalah latihan kardiovaskular. Jenis latihan ini, menurut dr Sapto berfungsi melatih jantung dalam memompa darah dan berbagai nutrisi yang dibawanya, ke seluruh organ tubuh.

"Jangan bilang tidak sempat. Gunakan sepatu olahraga, lalu jalan kaki menuju tempat kerja, itu sudah termasuk latihan kardio," kata dr Sapto.

Baca juga: Dilema Saat Libur: Tidur Vs Olahraga, Mana Sih yang Lebih Sehat?

Artis sesibuk Lala Karmela juga menyempatkan diri olahraga di kantor lho. Simak videonya:


(up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit