detikhealth

Anak Selalu Menangis Saat di Tempat Ramai? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Minggu, 19/03/2017 10:03 WIB
Anak Selalu Menangis Saat di Tempat Ramai? Bisa Jadi Ini SebabnyaFoto: thinkstock
Jakarta, Berada di tempat ramai bisa saja membuat anak tidak nyaman hingga akhirnya ia menangis. Namun, ketika ini selalu terjadi pada anak tiap kali ia berada di tempat ramai, apa ya sebabnya?

"Anak sering nangis atau ngamuk di tempat yang ramai itu biasanya memiliki masalah sensoris. Di mana pendengarannya sensitif," kata Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd.

Wanita yang akrab disapa Diana ini mencontohkan, anak dengan gangguan sensoris tersebut bisa memiliki tingkat kebisingan yang tinggi dibandingkan orang normal. Misalnya, ukuran kebisingan 0 sampai 10, maka anak dengan gangguan sensoris bisa memiliki tingkat kebisingan 10. Padahal, tingkat kebisingan yang dirasakan orang lain tidak sampai nilai 10.


"Nah di situ (tingkat kebisingan 10) pasti anak merasa keganggu banget dan akhirnya menangis," sambung Diana di konferensi pers peluncuran App Spokle di Mercure Hotel, Jalan Raya Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (18/3/2017).

Baca juga: Saat Anak Nangis Jangan Didiamkan dengan Gadget, Ini Dampaknya

Nah, untuk menenangkan anak yang menangis tersebut, menurut Diana orang tua dapat memeluknya hingga si kecil tenang. Namun, saat anak tidak mau dipeluk maka cara yang bisa dilakukan adalah mendiamkannya hingga tenang.

"Tapi solusi untuk masalah ini dengan melakukan terapi. Dengan begitu masalah sensoris anak bisa berkurang," ucap wanita lulusan Universitas Indonesia ini.

Baca juga: Didiamkan Saat Nangis Bikin Paru-paru Bayi Makin Sehat?

(rdn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close